Om Swastyastu,

Di konfrensi UNFCCC saya mendapat kesan :

1. Indonesia (I) dengan Malaysia (M) bersaing dalam
memproduksi Minyak Kelapa Sawit (MKS). Penghasil MKS
besar di dunia memang diantaranya I dan M
2. Di konfrensi (Side-Event) M juga menuding I yang
katanya banyak menambah emisi Gas Rumah Kaca (GRK)
dari pembakaran tanah gambut untuk membuka areal Kebun
Kelapa Sawit (KKS)
3. I juga dituduh oleh M suka membabat hutan
(deforestation) untuk membuka KKS. Sialnya tuduhan 2
dan 3 memang benar. Hal mana juga dikuatkan oleh LSM
Internasional bernama Watch Indonesia.
4. Namun Jepang (J) membela I, mengatakan bahwa
berdasarkan pantauan satelit iklim mereka GOSAT, asap
tebal pembakaran tanah gambut di Kalimantan, lebih
banyak berasal dari M.

Ya, memang dunia akan kiamat karena ulah manusia.

Om Santih, santih, santih, Om
Bhagawan Dwija

=== message truncated ===

http://www.yahoo.com/r/hs