Dear All,

Pendapat Steven Hawking adalah "benar".

Bhagavad Gita mengatakan "Aku menciptakan diriKu sendiri (swayambu manu). Aku
menciptakan semua ini dan Aku tunduk pada hukum yang Aku buat".Ketika dharma
(hukum) tidak tegak, Aku turun.

Dimanakah awal dan akhir? Awalnya Dia ada. Lalu kita ada. Kita menuju-Nya, tapi
harus melewati proses. Dan proses itu mengikuti dalil-dalil tertentu, sebagian
masih rahasia (karena kita tak tahu/belum tahu).
Ilmu pengetahuan digunakan untuk menjawab pertanyaan "mengapa sesuatu bisa
ada?"
Jawabannya dalam bentuk atau rupa "ada suatu proses atau mekanisme yang
mengikuti suatu dalil-dalil (ilmiah) tertentu".
Ada beberapa (banyak!) dalil yang tidak kita pahami, dan semua dalil yang tidak
terjelaskan itu namanya "Tuhan". Dalil itu adil sepanjang dipenuhi aturan hukum
yang sesuai.
Karena Dia adalah "dalil", maka sepantasnya Tuhan tidak dapat
dipersonifikasikan, ditanya macam-macam. Tuhan tidak mudah ditemui dan kalau
ketemu lalu kita boleh minta apa saja.

BTW, pendapat Steven Hawking ini sangat menarik. Sedikit banyak, menurut hemat
saya, ada penjelasannya pada Weda (Bhagavad Gita). Terutama pada bagian-bagian
awal dan dipertegas pada bagian-bagian akhir. Tuhan itu tetap ada, namun tidak
dalam bentuk "personifikasi" seperti apa yang kita bayangkan selama ini. Dia
adalah Hukum Rta itu sendiri yang diciptakanNya dan Dia tunduk padaNya.

Pusing tho...... Saya sangat senang bisa membaca bukunya kalau nanti bisa saya
peroleh (gratis!).

Salam,

 Gede Bayu Suparta
Dept of Physics, Gadjah Mada University
Tel: INT+62+274+7479377 Fax: INT+62+274+513339
Mobile: 62+815 7805 7588

Know science, learn engineering, create technology, develop business