makasih dr.Intan..
jadi aku konsultasi ke dsa-nya dulu deh...abis binun juga ..Vanya nggak
gemuk2..2 thn 3 bln..beratnya 11 kg.. keturunan kali yee...;-)

-----Original Message-----
From: intan dima [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, February 15, 2006 3:46 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] Q. Pil Ginseng Dewasa (langsing)

dari milis sebelah

Pertanyaan Ibu membuat saya berpikir, karena kalau jaman kuliah dulu tentu
tidak dianjurkan memberikan anti-helmintic (obat-anti-cacing) kepada anak
kurang dari 2 tahun. Tetapi ternyata sejak 2002, ada kontroversi terhadap
pemahaman ini.

Dari beberapa penelitian, didapatkan tidak ada beda efek samping pemberian
mebendazole terhadap anak pra dan lebih dari 2 tahun. Sebuah penelitian
membandingkan mebendazole dengan plasebo, dan ternyata tidak didapatkan
perbedaan. Penelitian ini didorong kenyataan bahwa di sekitar usia 1
tahunan, infeksi cacing mulai meningkat.

Saran saya : apapun sebisa mungkin dihindari sambil menunggu perkembangan
penelitian lebih lanjut. Pencegahan lebih baik - bukan dalam bentuk
pemberian obat cacing sebagai profilaksis/pencegahan - tetapi lebih ke
penjagaan higienis. Bila benar terpaksa, diskusikan lebih jauh dengan
dokternya untuk mempertimbangkan berdasarkan riwayat kesehatan anak dan
pemeriksaan lainnya.

tonang