From: franky setiawan [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, April 06, 2006 10:03 AM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: [balita-anda] bijak dan teliti dengan promosi di C4

Mau sekedar sharing nih.......mungkin ada yang pernah mengalami juga

kebetulan tadi malam kami sekeluarga berbelanja di C4 di bilangan
casablanca, biasa yang utama beli susu buat 2 jagoan di rumah yang memang
kebutuhan minumnya luar biasa, kebetulan lihat dikatalog harga susu Bebelac
3 hanya sekitar 33.290 ya sudah dengan semangat 45 beli deh sekitar 20
box.....ternyata di sana ada program promosi lagi harga susu menjadi 25.000
dengan maksimal pembelian 2 pcs, karena kami nggak peduli dgn ketentuan itu
(alias nggak niat buat ngakalin beli 2 pcs bolak balik) yah udah
melengganglah di kasir, dan sang kasir mengatakan pak ini yg 2 box masuk yg
program promosi 25.000 tapi lebihnya harga normal yah.......saya sih
ngangguk aja.......begitu selesai bayar.....iseng-iseng dan takut terjadi
manipulasi (karena sering baca di milis ato suara pembaca tentang beda harga
di C4)  sayangilat struk dan coba membagi jumlah harga yg dibayar dgn jumlah
barang yang dibeli......ternyata
susu yg saya bayar dikenakan harga 36.960 rupiah........suatu harga yang
fantastis karena jauh diatas harga katalog yg berlaku dalam periode 29 maret
- 10 april......ada selisih 3000-an yg harus saya bayar........

dengan yakin saya jalan ke cs utk komplain dan seperti biasa cs C4 dgn
sedikit bingung tdk dapat menjelaskan kenapa bisa begini dan dia panggil
staf grocery utk ngejelasin.......alasannya sekarang harga sdg diskon shg
kelebihan pembelian adalah harga normal yaitu 36.960 (memang di rak harga
36.960 itu dicoret diganti jadi 24.900)....lalu saya tanya bagaimana dengan
katalog ini, bukankah katolog yg disebar luas ke seluruh indonesia merupakan
pedoman harga yg berlaku pada saat ini kecuali ada pemberitahuan ralat
dsb........alasannya harga di katalog merupakan harga
promosi.......hah.....saya bengong-bengong deh.......dia saranin kalo bapak
mau harga promosi.......bapak beli aja 2 trus balik lagi sampe 20
box.....gile aje gue disuruh kayak kereta api......kalo memang nggak
bersedia ya boleh di refund......kagak puas dengan penjelasan staff
itu........saya minta dipanggilin manajer yg bertugas.......dan akhirnya
memang manajer itu mengakui kesalahan bahwa harga normal adalah
 harga di katalog dan akhirnya mereka bersedia mengembalikan kelebihan
pembayaran saya........dan minta maaf......sori kepanjangan ceritanya

inti dari cerita ini....

   hati-hati terhadap bentuk promosi yg jika diliat kasat mata sangat
menguntungkan kita, karena mungkin ada sesuatu dibalik itu......bayangkan
promosi sudah berlangsung 3 hari, seharusnya kalo mereka tahu ada kesalahan
mereka harus ganti dari hari pertama

   apakah memang hal itu di sengaja, saya tidak akan menuduh, tetapi jika
kita tidak teliti, dan kita tidak komplain maka hal itu menjadi keuntungan
buat mereka, dan apa emang saya orang pertama yg komplain sehingga sampe
hari terakhir promosi nggak ada perbaikan kesalahan harga tsb, kayaknya aneh
banget ya.........
   kalo kita komplen jangan tanggung-tangung sepanjang kita punya bukti yg
kuat.....minta langsung ketemu sama manajer tokonya, karena rata-rata mereka
bisa menerima alur pemikiran yang normal dan bener.......
   ya kalo bisa kita selalu catet ato ingat harga barang yg tertera di rak
dan dikatalog, termasuk tulisan-tulisan yg sengaja dibuat kecil ato nggak
jelas agar nasnti nggak kejeblos waktu bayar, karen akebiasaan kita abis
bayar ya udah, pulang......selesai urusan tanpa ngecek list harga di mesin
kasir.........
   kejahatan terjadi karena bukan hanya karena niat tapi karena adanya
kesempatan, waspadalah....waspadalah...........