Mbak,

Bayi kuning karena hyperbilirubin, coba deh di-search, dah sering dibahas
nih, biasanya menimpa bayi2 usia 3 harian, sekitar 40% bayi kena bayi
kuning, tergantung kadarnya, ada yg sudah tinggi sekali (lebih dari 20).
Cara ngurangin ya, beri cairan (susu, kalo bisa ASi atau ASI perah), ASI
mesti sering2 dikasih, kalo bisa lebih dari 8 kali sehari, minimal selama
10-15 menit setiap kali ngasih, kalo susu formula ya sekitar 150 ml x berat
bedan bayi dalam kg, kalo BB bayi 3 kg, maka idelanya dapet 450 ml susu
dalam 1 hari, dan dijemur sekitar 15-30 menit di pagi hari antara jam 7
sampai jam 9. Jika kadar bilirubin lebih dari 15, biasanya nih, akan disinar
di ruang NICU. Biasanya dalam dua hari, kadarnya sudah turun jadi sekitar
10an. Kalau sudah di bawah 10, biasanya sudah boleh dibawa pulang.

Kebetulan anak saya kena juga bayi kuning, waktu usia 6 hari, sebenarnya seh
bisa saja diterapi di rumah, cuma saya gak pede, lagipula, sudah kuning,
kadanrnya 15, sehinga disinar selama dua setengah hari dengan dua lampu di
ruang NICU. ASI tetap dikasih lewat ASi perah dengan botol susu.

ASI gak keluar? ASI saya juga gak keluar selama dua hari setelah melahirkan
tapi dedek saya kasihin puting terus, eh, hari ke-3 keluar ngocor (setelah
makan daun katuk). Semakin disedot, walau ASI belum keluar, nanti juga
keluar koq.

Best regards,

Mama Nayma