Vitamin utk tumbuh gigi wahhh baru ndenger neh...
setauku sihh baby blum numbuh giginy n perlu
dikuatirkan klo sampai usia 24 bln blum numbuh
giginya... Klopun ada masalah dengan 'tidak punya
benih gigi', kejadian ini cukup langka dan sangat
bergantung faktor genetis dan biasanya dialami pada
masa pertumbuhan gigi tetap.

Jumlah gigi susu 20. Pertumbuhan gigi:

Geraham atas:
Gigi seri tengah - 8-12 bulan
Gigi seri kedua - 8-13 bulan
Taring - 16-23 bulan
Geraham pertama - 13-19 bulan
Geraham kedua 25 -33 bulan

Gigi Bawah
Gigi seri tengah - 6-10 bulan
Gigi Seri kedua - 10-16 bulan
Taring - 16-23 bulan
Molar pertama - 13-19 bulan
Molar kedua - 23-31 bulan

Jadwal pertumbuhan di atas cuma ancer ancer, kadang
melebihi atau mendahului tergantung pd genetis,
hormonal, asupan nutrisi, jenis kelamin, ras, dll

Gigi  besar-besar seringkali justru tumbuh terlambat,
disebabkantubuh meletakkan bahan bahan gigi agak cukup
lama.

Waktu tumbuh memang seringklai diikuti demam, air liur
keluar terus,susah makan, rewel,  kadang diikuti
dengan mencret.

Ini yaaa artikelnya

PERTUMBUHAN
GIGI(http://www.babycenter.com/refcap/baby/babydevelopment/6574.html)

translated by Sylvia R.

Pertumbuhan gigi bukan merupakan salah satu tonggak
perkembangan yang dicapai
seorang bayi sekali dan sekaligus.  Peralihan dari
ringisan gusi hingga mulut
yang sepenuhnya ditumbuhi gigi merupakan masa yang
harus dilalui anak anda
dalam 3 tahun pertama kehidupannya.

Perjalanan ini dimulai sejak dalam kandungan.  Saat
anda hamil, dalam tubuh
bayi anda telah berkembang pucuk gigi, dasar dari gigi
bayi atau gigi susunya.
Pucuk ini mulai memecahkan permukaan gusi pada suatu
waktu di antara usia 3
hingga 12 bulan.  Anda bahkan dapat melihat gigi
pertamanya – tanda yang
memperjalas bahwa bayi anda sedang bertumbuh – sekitar
usia 6 bulan, saat yang
umumnya bagi seorang bayi sebagai awal perkenalannya
dengan makanan padat.
Saat ia berusia 3 tahun, ia akan memiliki gigi lengkap
sehingga ia dapat
menggsoknya sendiri (dengan sedikit bantuan anda) –
suatu tahap dasar dari
ketrampilan menjaga dan memelihara diri sendiri.

KAPAN GIGI DAPAT TUMBUH?

Satu dari 2000 bayi sebenarnya lahir dengan sebuah
atau 2 buah gigi dalam
mulutnya!  Tetapi mayoritas pertumbuhan tercepat untuk
gigi pertama pada
sekitar 6-7 bulan.  Paling cepat terjadi di usia 3
bulan dan paling lama saat
seorang anak hampir berusia 1 tahun.  Gigi terakhir
(yang terletak dibagian
belakang atas dan bawah mulut) umumnya tumbuh saat
tahun kedua.  Di usia 3
tahun, anak anda seharusnya telah memiliki 20 gigi
susu lengkap.

BAGAIMANA GIGI TUMBUH?

Bagi para bayi dan orang tua, munculnya gigi pertama
tidaklah terlalu
menyenangkan, dan dapat menjadi proses yang lama dan
berlarut-larut.  Gejala
awal – termasuk banyaknya air liur yang menetes dan
rasa nyeri yang lumayan –
kadang telah dialami 1 atau 2 bulan sebelum gigi
sebenarnya tumbuh.  Anda
mungkin akan terbangun setiap malam, mencoba
menenangkan anak anda yang sedang
menanti giginya muncul di permukaan gusi.  Untuk
mengurangi penderitaannya,
bayi anda mungkin mulai menggigit, tetapi tidak dengan
marah atau mengamuk.
Beri dia sesuatu untuk digigit atau gosok gusinya
lembut dengan jari anda untuk
mengurangi rasa sakitnya.

Gusi juga dapat menjadi bengkak saat anak-anak mulai
tumbuh gigi, yang
memungkinkan pipi anak anda tampak agak lebih penuh.
Walau beberapa orang tua
menyatakan bayi mereka menjadi demam atau mengalami
diare saat gigi sudah mulai
akan tumbuh,  sebagian besar ahli setuju bahwa tumbuh
gigi tidak menyebabkan
kesakitan.  Jika anak anda menunjukkan gejala demam,
pilek ringan atau masalah
dalam perutnya, periksakanlah dia pada dokter anak.

Untuk beberapa anak yang beruntung, peristiwa tumbuh
gigi tidak tidak terlalu
menyakitkan.  Satu saat bayi anda sering meringis
sambil memamerkan gusi
ompongnya, di saat lain, tiba-tiba telah ada benda
putih yang muncul dari
permukaan gusinya.

Gigi muncul satu demi satu.  Pertama, gigi di bagian
bawah depan, kemudian 2
gigi seri di atas, kemudian gigi-geligi sepanjang sisi
samping dan belakang
mulut.  Pertumbuhan gigi termasuk yang diturunkan
secara genetis, sehingga jika
anda mengalami tumbuh gigi lebih awal, begitu pula
kemungkinan yang terjadi
dengan anak anda kelak.

APA BERIKUTNYA?

Gigi susu tidak akan tanggal hingga gigi tetap anak
anda siap untuk tumbuh,
umumnya di usia sekitar 6 tahun.

PERAN ANDA

Anda tidak dapat melakukan apa pun untuk membuat gigi
pertama anak anda muncul,
tetapi anda dapat membantu menenangkan bayi anda jika
ia mulai merasa sakit
ketika proses tumbuh gigi sedang dimulai.  Pertama,
beri anak anda sesuatu
untuk dikunyah, seperti mainan gigit yang disimpan di
dalam kulkas.  Sepotong
roti beku juga dapat mengurangi rasa sakit pada gusi
anak anda yang sedang
bengkak (tetapi pastikan bayi anda tidak dapt
menggigit dan menelannya,
sehingga dapat membuatnya tersedak). Ia dapat juga
memakan makanan dingin
semacam blender apel atau yoghurt dari kulkas untuk
mengurangi rasa nyerinya.
Beberapa dokter merekomendasikan untuk memberikan bayi
yang sedang tumbuh gigi
obat penawar sakit khusus anak-anak dengan dosis
kecil.

Setelah gigi pertama muncul, terserah anda untuk
menjaganya tetap bersih.
Untuk tahun pertama, anda tidak terlalu perlu
menggosok giginya, tetapi cobalah
untuk membersihkannya minimal sekali sehari, mungkin
dengan menjadikannya
bagian kebiasaan rutin sebelum tidur malamnya.  Anak
anda mungkin belum mau
membuka mulutnya untuk disikat giginya, jadi
gunakanlah kain basah yang bersih
untuk menggosok gusi dan giginya..  Anda juga
seharusnya tidak menidurkan anak
anda dengan sebuah botol di mulutnya.  Susu formula
dan ASI dapat menggenang
dalam mulut bayi anda dan menimbulkan kondisi yang
disebut ‘baby-bottle tooth
decay’.

Sekitar usia 18 bulan, anak anda mungkin telah siap
belajar menggosok giginya.
Anda harus membantunya dan memeriksa apakah cara
membersihkan giginya efektif
untuk beberapa tahun, ini adalah kebiasaan baik yang
patut diajarkan pada anak
anda.  Tunjukkan padanya bagaimana menggerakkan sikat
gigi di sekitar giginya.
Gunakan sikat lembut dan sedikit pasta gigi.  Anda
tidak harus menggosoknya
dengan arah tertentu, hanya usahakanlah semua remah
makanan ke luar dan
permukaan gigi dan gusi bersih.

Jika anak anda tidak menyukai rasa pasta gigi, cobalah
merek lainnya atau
jangan gunakan pasta gigi sama sekali.  Anda tidak
mesti menggunakan pasta gigi
kecuali makanan anak anda sehari-hari mengandung
banyak gula – yang seharusnya
anda hindari pula.  Jika ia tetap menyukai makanan
manis, pastikan ia untuk
menggosok giginya segera setelah ia makan, atau dorong
ia untuk menyudahi
makanannya dengan makanan jenis lain seperti sepotong
keju.  Sekitar usia 3
tahun, bawalah ke dokter gigi sehingga anak anda
terbiasa dengan pemeriksaan
rutin giginya.

KAPAN HARUS MERASA KUATIR?

Bayi prematur akan mengalami pertumbuhan gigi agak
terlambat dibandingkan bayi
yang lahir penuh waktu.  Jika hingga akhir usia 1
tahun anda masih tidak
melihat tanda-tanda gigi akan muncul, bicarakan hal
tsb. kepada dokter anda
saat cek-up rutin anak Anda.  Jika anak anda mengalami
semua gejala tumbuh gigi
– tetesan air liur yang banyak, gusi bengkak – tetapi
juga mengalami rasa sakit
yang tak tertahankan, kunjungi dokter anda.  Peristiwa
tumbuh gigi seharusnya
bukan merupakan siksaan yang bukan main sakitnya bagi
seorang bayi.

Uci mamaKavin
http://oetjipop.multiply.com