Sebaiknya dicoba dulu lewat oral, kalau anak saya, saya coba lewat
oral, jika sudah, dan diberikan minum banyak juga sudah, tapi suhunya
malah makin naik mendekati 40 deg C dan anak tidak nyaman, baru saya
berikan parasetamol per rectal. Coba saja ibu amati, apakah anak masih
nyaman, masih oke dan ibu masih bisa berikan obat per oral.

Di bawah ini rekomendasinya, artinya rectal hanya diberikan jika oral
benar2 tidak bisa dan dosisnya harus sesuai karena untuk menhindari
toksisitas atau keracunan.

Rekomendasi
1
Rekomendasi 16. Pemberian oral parasetamol lebih
baik digunakan daripada pemberian rektal pada anak, karena
absorpsi lebih konstan dan lebih
memungkinkan untuk memberikan dosis sesuai dengan berat
badan (evidence level I; kekuatan
rekomendasi A).
Rekomendasi 17. Pemberian parasetamol rektal
hanya dipertimbangkan bila anak
muntah atau pemberian oral tidak
memungkinkan (evidence level I;
kekuatan rekomendasi A).
Rekomendasi 18.  Dosis rektal parasetamol yang melebihi dosis standar
harus dihindari
pada anak karena meningkatkan
risiko toksisitas (evidence level I;
kekuatan rekomendasi A).
Rekomendasi 19. Penggunaan parasetamol rektal
harus berdasarkan berat badan
daripada umur. Jika dosis yang
tersedia dalam kemasan supositoria melebihi dosis yang sesuai
berdasarkan berat badan, harus
dipilih rute pemberian yang lain (evidence level I, kekuatan
rekomendasi A).