From: Lin Herlina [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, 22 December, 2004 8:10 AM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: [balita-anda] RE: BAB sering,5-6 kali sehari-AMOEBIASIS??

Moms & Dads,

Saya mau ikutan sharing mengenai bayi/ balita yg BABnya lebih dari 5x
sehari. Sudah sejak Sabtu kemarin, putra saya (Raka-8 bulan) BABnya
lebih dari 6x sehari. Susu tidak ganti, makanan tim saring seperti
biasa.

BABnya juga tidak keras (lunak) dan tidak encer, jadi bukan diare. Raka
juga tetap cerah ceria & aktif. Tidak rewel atau seperti kesakitan sama
sekali. Makan & minumnya juga tetap banyak.

Sampai hari Senin kemarin, di (maaf) faecesnya ada sedikit lendir
bewarna merah. Saya khawatir ada indikasi darah. Jadi saya inisiatif
membawa contoh faecesnya ke lab (dibungkus dalam tempat kedap udara &
tidak boleh lebih dari 1 jam sejak keluar BAB) & minta cek faeces
lengkap (tanpa surat pengantar dari DSA). Dari hasil lab diketahui bahwa
di faecesnya Raka terdapat Bakteri & Parasit E. Histolytica, sehingga
kesimpulannya Raka terkena AMOEBIASIS.

HAsil lab tsb langsung saya bawa ke DSAnya Raka. Dan ternyata, DSAnya
menginformasikan bahwa 1 minggu ini, hampir 70% pasien yg datang ke
tempatnya mempunyai keluhan yg sama.

Penyebabnya Amuba (Disentri). Masih dalam taraf aman, namun ini menular
& bisa ke orang dewasa juga. Namun kalau berkelanjutan dapat berbahaya
karena dapat menyebar ke hati (duh, mudah-mudahan Raka tidak ya ...).

DSAnya kemudian memberikan obat Flag Frt Tablets 500 gr (harus
dihabiskan, tapi agak sedikit mual efeknya) & Lacto B (diminum min 1
minggu).

Kenapa bisa kena Amuba? Makanan yg kena lalat, lingkungan yg tidak
bersih, tangan yg kotor, dll. Apalagi cuaca sekarang sedang panas,
hujan, terus berganti-ganti. Tempat sampah menjadi basah & sisa makanan
berantakan. Lalat & teman2nya jadi lebih banyak.

Moms & Dads,
Demikian sharing saya, semoga bermanfaat. Dan mohon doanya agar Raka
cepat sembuh & kekhawatiran AMuba yg menyerang hati tidak terjadi. Amin.

Bunda Raka