Dear Ibu Andriana dan netters,
Ikutan sharing ya......
Masalah ngompol sesukanya itu biasanya karena kesalahan kita dalam
mengajarkan 'toilet training', seperti selalu bilang 'enggak boleh
ini...itu..dsb.' Apalagi utk anak yg usia 2 tahun, karena secara psikologis,
usia ini adalah usia dimana dia sudah mulai bisa dan ingin menonjolkan
eksistensinya. Dia sudah ingin menunjukkan bahwa dia adalah seorang pribadi
yg lain daripada ayahnya atau ibunya atau orang lain. Dia ingin menunjukkan
bahwa dia punya pemikiran sendiri. MAka sering dikatakan, usia 2-3 tahun
adalah 'usia melawan' dari anak. Contohnya sering kami alami sendiri,
misalnya, kalau dibilangin jangan mukul......eh....malah mukul. Kalau
dibilang jangan teriak2....eh....malah tambah banter teriaknya. Dan kalau
kita bilang jangan pipis di celana, maka dia justru akan pipis di celana.
Cara yg paling efektif adalah memberikan pujian apabila dia melakukan hal yg
benar, dan memberikan suatu iklim bahwa pipis di toilet itu adalah hal yg
menyenangkan. Biasanya kami pakai cara berikut. Kalau kita pingin menyuruh
dia pipis, saya akan bilang 'Ayah mau pipis dulu ah.....', terus ibunya juga
bilang 'Ibu juga ikutan ah.......', dan si kecil pasti akan ikutan 'Rihan
(anak saya, red.) juga ikut.....'. Dengan begitu dia pasi mau pipis dengan
benar. Itu salah satu contoh yg sering kami lakukan.
Yang penting, pada usia segitu, jangan terlalu banyak mengatakan 'JANGAN',
dan sama sekali tidak boleh marah sambil memukul. JAdi, saran teman ibu utk
memukul pelan, saya sangat tidak setuju. Hal ini bukan membuat anak nurut,
tapi justru tambah melawan. Kerena memukul (apalagi pelan) dan juga
kemarahan kita akan menjadi 'permainan' menarik yg akan disukai anak. Saya
pernah mengalaminya sendiri, dan Rihan justru melakukan sesuatu yg salah
supaya dimarahin dan dipukul.

Sekian dulu sharing saya, utk hal2 lain masalah pengasuhan anak, silahkan
kunjungi :
http://members.tripod.com/infoanakindonesia

Tfn