From: Endra Wimajanti <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Tuesday, December 19, 2000 1:40 PM
Subject: [balita-anda] KB Ibu Menyusui

> Beberapa waktu yg lalu ada rekan yang menanyakan dampak KB suntik pada ibu
yang masih menyusui.

> Di bawah ini saya copykan potongan artikel Konsultasi Ahli di Nakita
Online yg dijawab oleh Dr. Judi Januadi Endjun SpOG.

> Pemilihan metode KB tergantung pada beberapa faktor. Di antaranya: apakah
ibu masih menyusui atau tidak; umur ibu; riwayat penyakit yang pernah atau
sedang ibu derita; berapa lama ibu akan melakukan KB; jumlah anak; faktor
ekonomi, pendidikan, dan agama.

> Bila Ibu masih menyusui, bisa dipilih KB pil yang hanya mengandung hormon
progesteron, suntik hormon progesteron jangka panjang, atau spiral. Untuk
ber-KB usai melahirkan tak menunggu datangnya haid, karena selama menyusui,
datangnya haid tak dapat ditentukan. Jadi, segera konsultasi dengan
dokter/bidan untuk menentukan metode KB mana yang akan Ibu pilih.