ibu saya menderita rematik yang cukup parah dan sudan lama tapi waktu saya bawa ke
klinik rematik, ibu saya melakukan tes darah dan urine, untuk mengetahui kadar asam
urat, kolesterol, kepekatan darahnya dll. soalnya diberitahu bahwa kalau kaki tangan
bengkak-bengkak tidak harus selalu asam urat tidak harus selalu rematik dan tidak
selalu ginjal (artinya banyak kemungkinannya) dan dikatakan bahwa asam urat berbeda
dengan rematik/gout, tapi kalau ginjal biasanya juga dilambung (bagian perut) agak
bengkak tergantung tingkat parahnya penyakit dan kalau asam urat dan rematik biasanya
di sendi-sendi baik kaki atau tangan. saya pikir suatu penyakit itu tidak tiba-tiba
datang, coba perhatikan apakah ada tanda-tanda lain untuk bapaknya ibu Vika sebelum
mengalami bengkak, entah kebanyakan makan sesuatu yang bisa memacu penyakit tertentu.
Kalau setelah dites ternyata kadar asam uratnya tinggi, berarti makanan-makanan
tertentu harus di hindari (tidak hanya jeroan saja) soalnya kalau nggak salah asam
urat itu banyak sekali pantangannya. biasanya kalau pantangannya dijalankan, efeknya
besar sekali.

--- [EMAIL PROTECTED]
> wrote:

>bengkak-bengkak pada kaki dan tangan. Apakah ini gejala Ginjal atau penyakit lain ?
>Mohon sharingnya.

>Orang tua saya juga mengalami hal serupa badan jadi bengkak terutama muka tangan dan
>kaki. Mungkin ini karna sakit asam urat, biasanya seluruh persendian akan terasa
>sakit,
>ada blentong-blentong merah kecoklatan, atau parahnya kalau ujung jari tangan atau
>kaki pecah-pecah. Memang bagusnya sih ke dokter spesialis asam urat, dan membutuhkan
>waktu
> [...]

"A room without books is like a body without a soul."
-- Marcus T. Cicero