Maaf nih, terus terang saya tidak tahu jenis sabun apa Handy Clean itu.
(sabun cair, sabun batang, jelly?)
Tapi, saya mau sharing saja, sebenarnya sabun apa pun bisa membantu tangan
(atau other part of body) kita jadi bersih.
Sebetulnya yg mengangkat kotoran itu adalah busa sabun. Jadi kalau cuci
tangan dg sabun, baiknya digosok sampai berbusa benar.
Memang ada bbrp sabun tangan yg ditambahi "antibacterial", maksudnya
memang untuk mematikan bakteri. Cuman seberapa besar efektivitasnya
dibanding sabun biasa, saya kurang tahu. Kadang orang hanya sugesti (kya'
suami saya, semua2 musti yang ada antibacterialnya...)

Ada juga pencuci tangan yang seperti jelly, mengandung alkohol. Ini
praktis untuk dibawa2, jk tdk ada air. (Di sini ada merk Dial, Pure, ngga'
tahu di Indonesia... maaf ya!)
Tapi menurut saya, pencuci tangan seperti ini tdk 100% membersihkan
tangan. Memang kuman bisa mati krn kandungan alkoholnya, tp tdk semua
kotoran bisa terangkat dg pencuci tangan jenis ini.

Ada lagi wipes (tissue basah), ini juga bisa dipakai in case ngga' ada
air. Menurut saya ini lumayan bersih, ketimbang pencuci tangan beralkohol
itu, krn tangan dan jari2 bisa bener2 dilap. Cuman krn tdk mengandung
alkohol, ya tdk menjamin 100% kuman hilang.

Yaah, jadi apa pun... yg penting kita jaga kebersihan sebisa mungkin! Demi
kesehatan si kecil dan bersama!

best regards,
Quinike

O iya, kalau ada yg kerja di bidang persabunan, boleh donk share... sabun2
itu isinya apa saja, ingredients apa yg aktif untuk kill kuman, dsb. Thx.