From: Sugiarti [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Monday, April 16, 2001 4:19 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [balita-anda] Cenderung harus melalui Kelompok Bermain ?

Anak saya memang sudah ikut kelompok bermain (18 bulan), karena saya pikir
agar anak saya bisa ber-teman dengan yang lain, karena saya kerja, suami
kerja. Saya ambil yang satu minggu sekali, pas hari tidak kerja.. jadi saya
dan suami menemani nya dalam kelompok bermain / berteman dengan yang
lainnya. Waktunya juga tidak lama, 1 jam.
Kalau dilihat dari sisi "Untungnya"..., anak saya bisa belajar berkomunikasi
dengan orang lain, baik dengan orang dewasa atau dengan yang sebaya, karena
anak saya memang sedang tahap suka berbicara (cerewet), dalam metode
permainannya, dia bisa ikutin, walaupun tidak secara tertib, memang tidak
dipaksa sich.., belajar untuk bergantian/giliran apabila bermain, tidak
seperti di rumah, karena sendirian tidak berbagi dengan yang lain. Lalu
banyak mainan baru yang tidak bisa disediakan di rumah sendiri.
Kalau berbicara dari sisi "ruginya"..., mahal kali ya.. heehheheh... harus
ada biaya extra untuk masuk kelompok bermain itu.

Yang pasti... tidak harus memaksa anak untuk ikut di jadwal kelompok
bermainnya. Maksudnya ... kalau memang anak sedang enak tidur siang di
rumah, padahal udah jamnya harus berangkat, biasanya saya batalin pergi ke
kelompok bermain. Ganti hari atau ikut minggu depannya...
Jadi memang kondisi anak harus benar-benar riang.

Mungkin itu sedikit sharing dari saya.

Salam
-ibunya laras-