From: Rudy Sutadi, MD [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Monday, April 23, 2001 4:20 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] haruskah anaku di imunisasi MMR?

Yth. Ibu Diah Handayani,

Hubungan darah yang dimaksud vertikal beserta cabang-cabangnya serta
horisontal.
Seberapa jauh, sulit diketahui. Namun bila ada, tentunya kita kuatir akan
adanya genetic-vulnerability.
Sekali lagi, keputusan ada di tangan orangtua, namun saya tetap menganjurkan
pemberian m, m, r secara terpisah demikian sesuai dengan pendapat Prof.
Wakefield.
Sayangnya di Indonesia belum tersedia vaksin mumps dan rubella yang
terpisah. Di Jepang dan Perancis sudah tersedia. Siapa yang berminat
mengimport? Saya tidak akan melakukannya, walaupun banyak permintaan, oleh
sebab nanti dituduh macam-macam.

Dr. Rudy Sutadi, SpA