Halo,

Utk mengetahui masalah menghisap jempol ini, kita harus tahu dulu masalah perilaku dan psikologi anak. Setiap perilaku anak mempunyai arti baginya, dan bukan cuma iseng saja.

Menghisap jempol adalah kebutuhan alami anak sebagai cara utk mendapatkan RASA AMAN atau 'ketenangan emosi' bagi dirinya.
Dari banyak buku psikologi dan perkembangan anak maupun dari TV dan website, hal ini banyak disampaikan seperti itu. Artinya, kita tidak boleh terlalu/asal melarang bayi untuk menghisap jari. Banyak buku yg justru menganjurkan bayi diberi kesempatan utk menghisap jari (dalam arti tangan tidak dibungkus sarung tangan), atau diberi empeng. Cara mengatasi hal ini, sesuai dg sifat alaminya bahwa bayi melakukan ini karena utk menenangkan dirinya, kita harus mencari tahu hal-hal apa yg membuat bayi tsb merasa tidak tenang. Apakah lapar, dsb. Dengan mengajak bermain biasanya dia tidak akan menghisap jari. Jadi, jangan cuma dilarang dg menarik tangannya kmd kita diam saja.

Saya sendiri tidak pernah menghalangi bayi saya (4 bulan) untuk menghisap jari. Justru kalau dia kelihatan sedang berusaha menghisap jarinya, kita bantu utk memasukkan jarinya ke mulut. Karena dari pengalaman anak saya yg pertama, diapun selalu saya beri kesempatan utk menghisap jarinya. Hal ini tidak berlangsung lama. Kalau kita bisa selalu melihat kondisi emosi bayi kita, pada usia tertentu kebiasaan ini akan hilang sendiri. Kita perlu mengkhawatirkan masalah menghisap jari ini jika pada usia yg sudah agak besar (kira-kira 1,5 tahun) anak kita masih suka menghisap jari. Anak yg keterusan suka menghisap jari sampai usia besar, biasanya diakibatkan pada saat dia mengalami kondisi tidak aman dan nyaman, orgtua tidak berusaha utk melakukan sesuatu utk mengatasinya, sehingga menghisap jari menjadi satu-satunya cara utk menghilangkan stressnya.
Demikian sharing dari saya, kalau ada yg salah mohon dibenarkan.
Semoga bermanfaat.

Taufan