Halo,

Terima kasih kpd "Klinik Anakku" yg telah menyediakan
artikel yg lengkap dalam masalah makan ditinjau dari
sisi kesehatan.

Saya ingin ikutan sharing dr pengalaman saya menerapkan
hasil penelitian Dr. Ronald Illingwort dan Dr. Yames Lister
dalam hal mengatasi masalah makan pada anak sejak
sedini mungkin.

Saya pernah sharing hal yg sama bbrp bulan yll. Jadi sharing
ini hanya utk mengingatkan lagi terutama bagi yg putra/i-nya
masih bayi, dan teman2 yg baru bergabung di milis ini.

Seperti kita ketahui, ada banyak MASA PEKA dalam
perkembangan anak, dimana salah satunya, menurut
2 org diatas, adalah masa peka anak BELAJAR MENGUNYAH
MAKANAN PADAT.

Bila bayi tidak dberi makanan padat pada waktu yg tepat,
maka selanjutnya dia tdk mau mengunyah, atau akan
mengeluarkan lagi makanannya, atau bahkan bisa muntah.

Masalah ini sering dihadapi oleh banyak orgtua.

Alhamdulillah, krn saya menerapkan hasil penelitian kedua
dokter diatas, kedua anak kami, Rihan & Afina, tidak
mengalami kesulitan dlm makan makanan padat.

Kapan masa peka tsb muncul ?

Menurut Dr. Ronald Illingwort dan Dr. Yames Lister,
kebanyakan bayi mengalami masa peka belajar
makan makanan padat kira2 usia 6 BULAN.
Tapi bisa berbeda utk setiap anak.

Ada 2 TANDA yg bisa diperhatikan utk mengetahui
datangnya masa peka ini, yaitu :

1. SEGERA setelah refleks menjulurkan lidah berlalu.
2. Kira2 satu bulan setelah bayi mulai menjangkau dan
memegang benda dg tangannya.

Jika si kecil anda masih termasuk di dalam usia ini,
saya sangat menganjurkan utk menerapkan hal ini,
spy nantinya sikecil tidak mengalami kesulitan makan
makanan padat.

Jika si kecil sdh terlanjur diatas usia tsb, bagaimana
cara mengatasinya ?
Hal ini sdh sering dibahas di milis ini.

Kalau saya punya waktu luang, saya akan mencoba
membuat list ttg tips mengatasi anak sulit makan yg
pernah dibahas.
Atau, kalau ada teman lain yg sdh bikin list-nya,
di-share saja sekarang :)

BTW,
Utk masalah peka ini, ada banyak lagi yg perlu
kita perhatikan dg baik. Bagi teman2 yg sdh punya
eBook "3 Tahun Pertama yg Menentukan", jangan
lupa utk melihat daftar tsb, supaya masa peka ini
tdk terlewatkan begitu saja.

Semoga bermanfaat.

salam,

Taufan