Dear Mbak Nora...

Kalau menurut yang saya tahu
Anjuran Makanan yang umum dipasaran sekarang memang dikondisikan sesuai
dengan keadaan kondisi perncernaan bayi. Karena memang ada tahapannya,
dan memang keadaan bayi dipersiapkan untuk itu.Jadi saran saya jangan
memberikan makanan yg sebetulnya belum saatnya diberikan.Efeknya ke
pencernaan bayi tsb. Dan itu membahayakan ke perkembangan dia
selanjutnya. Setahu saya pernah dibahas di millis ini kompleks banget
penjelasannya. Coba deh mbak buka2 arsip millist ini di homepagenya.

Secara sederhana ibu saya mengajarkan : kenapa dari jaman dulu, bubur
saja yg segitu lembeknya tetap harus disaring, atau kenapa bila bayi
makan pisang, cara ngerok (ngambil pisangnya) harus berhadap kebalikan
dari biasa yg kita pakai makan, karena bila ngerok dgn cara normal
sendok hasilnya tidak selembut pisang yg dikerok dgn cara kebalikan
sendok.

Nah dari situ saja, sebetulnya secara harfiah sudah terbaca. Bahwa harus
hati2 memberi makan anak bayi.

Coba mungkin cross check lagi kenapa Hana nggak selahap minum susu 2
bulan, apa  mungkin hal kecil terlupa, spt : panas/dingin/hangat susu,
takaran, timing vs pola tidur.

Semoga bisa membantu

Emmy Saftari