Pelajaran buat kita semua...

-----Original Message-----
From: Taufik Eko Yudanto [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: 23 Mei 2002 17:43
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Fw: Lagi yang perlu dicatat soal pembantu

----- Original Message -----
From: Detty
Sent: Wednesday, May 22, 2002 12:43 PM

----- Original Message -----
From: maria
Sent: Wednesday, May 22, 2002 11:53 AM

Sharing info ni teman2
MSJ

----- Original Message -----
From: esther
Sent: Tuesday, May 21, 2002 7:37 PM
Subject: Lagi yang perlu dicatat soal pembantu

Bapaks/Ibus,

Di bawah ada pengalaman untuk di share to all working parents. - Thanks.

=============================

>Yani wrote:

Aku sharing ini agar teman2 jangan terlalu
percaya pada pembantu..seklipun kita mengenal orang
tuanya..terlampir foto pembantu kurang ajar itu

Hati saya benar2 hancur hari minggu yll...saya
baru tahu bahwa pembantu saya bernama Diana (15th)
asal lampung (asli org lampung)selama kerja dengan
saya telah menyiksa anak saya  Raihan (2thn)...

Astagfirullah...saya benar2 merasa ditipu, tidak
capable menjadi Ibu..berdosa...sedih..geram..semua
bercampur jadi satu...bagaimana tidak pembantu yg
sudah ikut dengan saya selama 2 thn lebih..baru
ketahuan
telah menganiaya Raihan setiap saat ia mau makan......
Ibus saya bener2 sedh dan bingung..ceritanya begini..

Diana adalah saudara pembantu saya yang lama
bernama Yati, krn saya pikir klu masih saudara dengan
pembantu lama aku bisa tenang kerja dikantor
krn bisa dipercaya.

Awalnya hr minggu saat kumpul2 dgn ibu2 teman
saya menanyakan apakah mata Raihan merah..saya bingung
saya bilang mmg mgg lalu merah ll ia cerita
pembantu di blok depan (dekat taman) melihat
Raihan sdg disuap dan memuntahkan makanannya lalu
disentil oleh Diana!!!...saya kaget dan teringat
mgg lalu pd saat matanya merah Diana mengatakan saat
Raihan bangun tidur ia terus mengucek2 matanya, mmg
wkt mata Raihan merah dlm hati saya berkata klu
mata merah krn gatel masa iya kelopak matanya
juga merah (garismerah).. Saya pikir ah masa iya
mungkin hanya perasaan saya saja...stlh saya beri
xendo citrol matanya berangsur2 pulih...

Krn perasaan enggak enak pd saat Diana memberi
makan Raihan saya balik ke rumah untuk menanyakan ke
pembantu saya yang satu (pembantu yang satu
masih berumur 14 thn). Pd saat saya tanya apakah
selama ini Diana suka galak sama Raihan ia tidak
mengaku dan mengatakan "enggak pa2" setelah saya
desak baru ia mengaku...astagfirullah ibus...saya
lemesss mendengarkannya...saya seolah sedang membaca
novell...!!!!!.... anak saya bener2 disiksa selama
saya
kerja (tangan saya masih gemetar klu mengingat
penuturan pembantu yang satu)...krn Raihan susah makan
jadi klu ia memuntahkan makanannya :

- dicubit (hingga pipinya kebiruan...saya ingat dl
ketika saya tanya ia bilang jatuh krn didorong
kakaknya...kakaknya ktk saya tanya mengiyakan...)..krn
anak saya yang besar memang jail dan tidak bisa diam
saya anggap kecelakaan kecil ..ll saya bilang lain
kali hati2....
- pernah ditarik dari kursi hingga jatuh lalu
diinjak (astagfirullah ibus...saya lemes sekali
mendengarkannya)
- bibirnya pernah ditarik sisi2nya sampai
pembantu saya bilang saya sampai takut robek
bu...!!!!!!
- pernah dipukul kepalanya dgn gagang
pisau/sendok
- pernah direndam dalam bak mandi.astagfirullah..!!!
-klu menangis sampai tidak mengeluarkan suara!! dan
mukannya kebiruan
- dicubit dan dijewer sampai merah...
- Dicolok matanya bila tdk mau makan

Saya benar2 merasa berdosa krn terlalu percaya...mmg
sejak mgg lalu klu saya berangkat anak saya sering
menangis saya pikir krn rewel biasa....ternyata itu
adalah tanda ia ketakutan akan kekjaman yg akan
dihadapinya ...Ya Allah ...saya merasa teramat
berdosa dan lalai krn terlalu percaya ..krn selama
saya kerja klu saya tlp anak saya selalu tidur
(ternyata dipaksa..klu tidak ia akan kena
pukulan yang kerasa --sampai tapak tangan membekas di
paha) dan dicubit...klu saat saya telpon ia
menangis ia menyuruh pembantu saya yang satu untuk
membawanya ke kamar mandi..!!...

Klu saat saya pulang kerja (jam 19:00) Raihan
selalu sudah tidur...(mungkin capek nangis
paginya...duh..!!)

Stlh saya tahu itu ia langsung saya usir
pulang...dan saya surati orang tuanya mengenai
kelakuannya...

Saya sudah memeriksakan Raihan ke dokter dan
menurut dokter tidak apa2.. Tp saya kurang puas dengan
jawaban dokter saya ingin membawa Raihan ke
psikolog..takut akan perkembangan jiwanya.....terus
terang saya bingung...

Perlakuan Diana tidak pernah saya ketahui krn
klu didepan saya ia SAYAANG sekali dengan Raihan...
yang ternyata hanya topeng saja...tadinya saya
mau melaporkan kelakuannya ke polisi tapi saya
tidak punya bukti hanya saksi saja...apakah pengaduan
ini cukup kuat...

Saya bingung dan geram. Baru2 ini saya dapat
kabar klu dia masih ada di daerah perum saya (tinggal
dirumah kontrakan temannya)...saya ingin
sekali melaporkannya ke polisi seblm ia pergi...
Saya ingin melaporkan ke polisi tapi sya tidak ada
bukti hny ada saksi...