rekan netters,

mohon masukannya bagaimana cara mengajarkan anak untuk menggambar. saat ini anak saya,
laki2 usia 27 bulan, malas kalau disuruh menggambar, maunya digambarin melulu.
ketika awal saya memperkenalkan dia menggambar yaitu dengan menggunakan crayon, kira2
pada usia 1 th, dia sangat excite untuk mencorat-coret di mana2. sampai terpaksa
dinding saya tempeli dengan kertas ukuran besar sampai setinggi satu meter, tapi kalau
lantai memang sudah nggak ketolong lagi... :) tapi ini nggak berlangsung lama, karena
dia cepat mengerti bahwa dia harus menggambar pada kertas yg telah saya sediakan.

tapi lama2 kok dia jadi malas menggambar ya beberapa bulan terakhir ini....? apa
mungkin karena pernah melihat saya atau ayahnya menggambarkan sesuatu yg mungkin bagus
menurutnya, sehingga dia jadi malas untuk menggambar?
hanya kadang2 saja dia mau menggambar sendiri, itupun bentuknya lingkaran semua
(walaupun jauh dari sempurna, tapi kedua ujungnya pasti bertemu). kalau ditanya ini
gambar apa, dia bisa bilang itu macam2, bisa mobil, kereta api, ikan, dll.

baru2 ini saya akali dengan membeli cat air, dengan harapan dia dapat kembali mulai
bereksplorasi.
tapi ternyata hanya satu dua hari dia asik menggambar sendiri, seterusnya dia minta
digambarin lagi... :))

oya, untuk diketahui kegiatan ini tidak pernah saya paksakan. hanya selingan saja di
sela waktu bermainnya. malah lebih sering dia yg sibuk cari2 buku gambar & peralatan
gambarnya lalu disodorkan ke saya atau ayahnya, sambil bilang 'mama/ayah gambar...
gambar...' (disuruh gambar maksudnya...)

mohon masukannya dari rekan2 bagaimana caranya agar anak saya dapat kembali mau
menggambar sendiri.
terimakasih sebelumnya, mohon maaf kalau kepanjangan.

wassalam,
-mamanya Ihsan-

Kirim email ke