--- Pada Jum, 19/6/09, nm kid <nmkid.fam...@gmail.com> menulis:

Dari: nm kid <nmkid.fam...@gmail.com>
Topik: Re: [belajar-excel] Mengubah angka menjadi narasi
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Jumat, 19 Juni, 2009, 8:57 PM

      Hello Ade Rusliana,

Sepertinya ada yang harus diubah cara pandangnya tentang VBA deh...
VBA adalah suatu routine (urutan proses yang harus dilakukan oleh komputer
sebagai) program untuk menghasilkan sesuatu.

Jadi, status VBA untuk menebalkan huruf (Bold) dengan toolbar Bold itu sama,
bedanya, toolbar bawaan excel itu routine-nya yang buat microsoft dengan bahasa
C++, sedang VBA untuk Bold text itu buatan excel user dengan bahasa VB

Atau, formula SUM() excel sama dengan VBA berupa function JumlahSemua( rngData
as Range) as Double.
Bedanya : SUM() buatan microsoft dengan C++ dan JumlahSemua( bla..bla. .)
buatan excel user dengan VB.

Nggak adil kan anda menggunakan buatan microsoft dengan senang hati, tapi
enggan menggunakan buatan excel user.

Coba deh, bagaimana anda menggabung isi tulisan pada 25 kolom dengan formula
buatan microsoft, dengan Conctenate() kan... apa nggak capek memasukkan 25
parameter (25 kolom) belum lagi dengan pemisah antar gabungannya. Buatan excel
user dengan VBA sebagai function bisa hanya pilih semua kolom dan masukkan
pemisahnya dan selesai, dipakai seperti formula umumnya. Kalau mau nunggu
buatan microsoft, sepertinya sudah dari excel 97 dan sebelumnya deh sampai
sekarang belum ada yang bisa begitu.

Lagipula, sehebat-hebatnya microsoft, programmer untuk buat formula itu paling
banyak 100 orang. Excel User itu ada ratusan juta sedunia, dan banyak yang
lebih hebat dari programmernya microsoft. Buktinya, banyak kekurangan hasil
programmer microsoft yang ditutup oleh programmer yang bukan orang microsoft.
Microsoft terimakasih karena sudah dibantu.

So... gunakan VBA function (UDF) seperti menggunakan formula bawaan excel.
Kalau Anda ingin tahu bagaimana proses buat VBA function itu, baru belajar VBA,
kalau tidak mau tahu, pakai aja tak perlu mempelajarinya (mempelajarinya itu
optional, biasa disebut fardhu kifayah karena ilmu dunia, kalau ada yang bisa
ya sudah gugur hukum fardhu-nya)

Berikut (file terlampir) adalah contoh penggunaan VBA Function (UDF) masih
banyak yang lainnya yang lebih baik dari ini, percaya deh. Cara pakainya ada
dalam keterangan.

Harapan, semoga semakin banyak pengguna excel yang sadar bahwa VBA adalah
sebuah pintu untuk memperluas kemampuan Excel. Jangan enggan meskipun tidak mau
mempelajarinya, pakai saja untuk memudahkan pekerjaan, atau tinggalkan untuk
menyulitkan diri sendiri.

Keep smile...  (maaf ye... karena agak jengah nih masih banyak yang enggan
dengan VBA).
Eh.. tapi nggak tahu ding gimana pendapat yang lain. ini cuman pendapat pribadi
kok.
Kid.

2009/6/19 Ade Rusliana <aderusliana@ yahoo.co. id>

Semoga semua sahabat saya di millis ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Saya membuat data keuangan, secara otomatis langsung kepada kwitansi. Kendala
bagi saya adalah membuat narasinya bagaimana?

Contoh          : 2.310.500

ingin menjadi : Dua juta tiga ratus sepuluh ribu lima ratus rupiah.

kalo bisa tidak menggunakan macro atau VBA (tambah mumet), mungkin engga
menggunkan rumus biasa saja?

Terimakasih sebelumnya.

..

      Menambah banyak teman sangatlah mudah dan cepat. Undang teman dari
Hotmail, Gmail ke Yahoo! Messenger sekarang!
http://id.messenger.yahoo.com/invite/

Kirim email ke