emm... datanya dikirim dlm pdf ya
baiklah teman, kami hanya bisa menebak-nebak karena tidak bisa meyakini
type data yg ada di E2:E9, apakah Bilangan ? ataukah  TEXT

Data yg tampak sebagai karakter_ANGKA bisa bertpe text dengan berbagai sebab
misalnya spasi spasi spasi 9 tampak seperti 9 tetapi bukan BILANGAN
demikian juga dengan '9
atau kolom yg ketika masih kosong diformat sebagai text.

bisa juga karena dari output aplikasi bapak, sudah bertype text (mungkin
karena
data yg "diextract (dengan cara bgmana? sebenarnya data yg akan di umpankan
ke printer / dsb

data angka tetapi  bertype text bisa dikonvnersi dulu (dengan formula) ke
kolom lain
untuk dijadikan Bilangan
misal tuliskan formula di cell F2  =Value(Trim(E2))
copukan formula tsb ke cells dibawahnya, lalu coba dijumlah dengan
sum(F2:F9)

Jika tidak berhasil mohon contoh data diajukan ke kami dm bentuk workbook
(spreadsheet yg dibuat dengan ms excel)

cmiiw

*
*
*2012/1/4 abu iyan99 <abu_iya...@yahoo.com>
*

> * *
>
> *Mohon maaf sekali jika pertanyaan saya sangat elementer krn sy newbie di
> sini.
>  Dari data yang diextract dari program aplikasi trus diconvert ke excel,
> sy coba olah. Tapi, kenapa data itu (kolom E2:E9) tidak bisa dijumlahkan ya
> (di kolom E11)?
>
> Terima kasih sebelumnya, smg sy tdk bosan utk belajar dan bertanya ...
>
> Salam / Jaerony.-*

Kirim email ke