Hai Danu,

banyak hal yang menyebabkan kalkulasi menjadi lama, antara lain:
lokasi antah berantah), misalnya fungsi Today, Now, Rand, OffSet

solusi:

untuk masalah ukuran file, jika sudah menggunakan Office 2007 ke atas maka
bisa disimpan dalam ekstensi xlsx, biasanya ukurannya sepertiga dari ukuran
xls
atau bisa disimpan dengan ekstensi xlsb biasanya ukurannya akan menjadi
sepersepuluh dari ukuran file xlsx

cmiiw,

-Miss Jan Raisin-

Pada 26 Maret 2014 10.26, Danu Purboyo <danu.purb...@yahoo.com> menulis:

> Kakak semua...
>
> Mau tanya donk...
> Ada cara-cara khusus yang bisa ngecilin File ngga yah...
> Laptop saya sering keberatan kalo saya nggunain banyak rumus seperti
> vlookup atau sumif.
> Tiap di enter processingnya makan waktu sampe diatas 2detik, belum kalau
> kadang calculatenya agak lama...
> Jadi kalau kita enter datanya ngga langsung berubah, tapi calculate dulu
> kadang makan waktu sampai 1 menit lebih dulu baru berubah (calculate).
>
> Ada yang punya problem serupa ngga yah? Terus solvenya gimana...?

> [...]

Kirim email ke