Hai Boy,

penyelesaian kasus anda sbb:
asumsi 1: Jumlah tahun di cel A1
asumsi 2: Jumlah bulan di cel A2
asumsi 3: Pembagi di cel A3

solusi:
Step 1: samakan satuan hitungnya dahulu menjadi bulan semua, berarti Jumlah
tahun harus dikali dengan Jumlah bulan dalam 1 tahun >> ( asumsi_1 * 12)
Step 2: jumlahkan tahun yang sudah diubah menjadi bulan dengan jumlah bulan
Step 3: bagi dengan nilai pembagi yang telah ditetapkan >> Step_2 / asumsi_3
Step 4: untuk mendapatkan jumlah Tahun setelah pembagian gunakan fungsi
Quotient
            syntax: =Quotient( nilai_yang_akan_dibagi ,
(nilai_pembagi)_:_jumlah_bulan_dalam_1_tahun )
            fungsi ini digunakan untuk menghitung berapa kali suatu angka
dapat dibagi dengan angka yang lain
Step 5:  untuk mendapatkan jumlah bulan setelah pembagian gunakan fungsi Mod
             syntax: =Mod( nilai_yang_akan_dibagi ,
(nilai_pembagi)_:_jumlah_bulan_dalam_1_tahun )
             fungsi ini digunakan untuk menghitung jumlah sisa setelah
dilakukan pembagian

jika sudah paham langkah2 pembuatan solusinya, maka formula dapat ditulis
dalam 1 cel, jika belum paham bolehlah dipecah dahulu ke dalam beberapa cel
^_^

Berhubung pertanyaannya gak pakai sample workbook, jadi gak salah juga kan
kalo Jan kasih solusi gak pakai workbook ^_^

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 27 Maret 2014 08.07, <boypeace...@gmail.com> menulis:

> saya punya kasus membagi tahun dan bulan
>
> saya punya masa kerja 5 tahun 4 bulan
> ingin saya bagi 2 (dikalikan 1/2), yang saya harapkan hasilnya
> 2 tahun 8 bulan
>

> padahal jika dibagi 2, yang dihasilkan 2,5 tahun 2 bulan, gimana caranya
> agar hasilnya 2 tahun 8 bulan, mohon bantuannya dan terima kasih

Kirim email ke