Hai Mirza,

Seluruh upaya membaca data yang ada lokasi lain selalu melalui proses
membuka lokasi tujuan.
Yang berbeda antar proses membuka lokasi tujuan adalah tampak atau tidaknya
dimata manusia. Yang tidak tampak dimata manusia sering dirasakan sebagai
koneksi yang seamless. Padahal tetap saja ada proses membuka lokasi tujuan.

Jadi, kalimat Anda yang berbunyi :

> maksud saya file rujukan tetap terclose, tidak terbuka sama sekali, tetapi
> akses untuk vlookup tetap bisa tanpa harus membuka file rujukan tersebut. .
> . . .

diartikan sebagai proses untuk mengakses atau mengambil sesuatu dari file
lain dengan membukanya, tetapi tidak tampak dimata manusia.

Pada email lalu, proses untuk hal seperti di atas telah disampaikan
setidaknya bisa dengan 2 cara, yaitu :
1. memanfaatkan fitur Get External Data sebagai nama lain proses data
connection
2. memanfaatkan fitur Excel Formula (yang sudah Anda lakukan dengan me-link
antar workbook dengan formula).

Kedua cara di atas bisa diotomasi dengan VBA.

-------------------
Anda juga sudah melakukan cara 2 yang diotomasi dengan VBA. Artinya, cara
yang sudah pernah Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan fitur Excel
Formula yang menggunakan bahasa perintah Formula Excel.
Jika menggunakan fitur Excel Formula (baik terotomasi dengan VBA atau
tidak) dan menuntut untuk tidak adanya penampakan workbook rujukan yang
terbuka, selalu akan membutuhkan alur proses :
a. buka workbook tujuan (workbook yang dirujuk oleh formula)
b. mengkalkulasi formula (saat workbook yang dirujuk tadi sedang terbuka)
c. menyimpan hasil dan menutup kembali file yang dirujuk

Proses buka tutup workbook bisa diletakkan pada event change dari sheet
yang berubah isinya. Jadi proses akan segera membuka workbook,
mengkalkulasi, dan menutup workbook setiap ada proses pengubahan nilai pada
suatu kolom yang mempengaruhi formula.
Proses seperti ini juga bisa diterapkan di event-event milik object lainnya.

-------------------------
Ketika cara yang sudah Anda tempuh dan sudah diberi saran agar cara pilihan
Anda bisa bekerja sesuai arti dari kalimat 'tidak terbuka' yang wajar
menurut Excel, maka cara yang mestinya dicoba adalah cara 1, yaitu dengan
fitur Excel bernama Get External Data.

Cara data connection seperti fitur Get External Data ini juga melakukan
proses membuka lokasi tujuan. Bahasa perintah yang digunakan adalah SQL.
Fitur ini juga bisa diotomasi dengan VBA. Sebelum mengotomasi dengan VBA,
ada baiknya mencoba dan memahami fitur Get External Data terlebih dulu.
Semoga coretan yang dimulai dari sini
<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/04/get-external-data-01-introduction.html>
bisa lebih menjelaskannya.

--------------------------
Ketika sudah familiar dengan bahasa VB untuk menyusun otomasi dengan VBA,
kemudian sudah terbiasa dengan proses data connection yang menggunakan
bahasa perintah SQL, maka object seperti ADO (sebuah library data object)
bisa dimanfaatkan untuk menggantikan tugas fitur Get External Data dalam
menyusun data connection dan mengeksekusi perintah SQL.

--------------------------

Jadi,
Fitur Get External Data milik Excel adalah fitur yang dibuatkan oleh
programmer pembangun MS Office agar user tidak repot menyusun sendiri
proses data connection menggunakan data object seperti ADO.
Tentu saja kemampuan fitur Get External Data adalah sebatas hasil design
pembangun MS Office.

proses bertahap meningkatkan pemanfaatan fitur Get External Data :
 belajar Get External Data -> pakai Get External Data -> belajar VBA ->
otomasi data connection Get External Data dengan VBA

proses bertahap meningkatkan pemanfaatan ADO :
 belajar VBA AND belajar Data Connection dan Data Object AND belajar bahasa
SQL -> membuat proses memanfaatkan ADO

kalau saya, (kalau saya loh ya) coba dulu memanfaatkan fitur Get External
Data yang tidak perlu coding dengan VBA. Jika sudah lancar dan hasilnya
sesuai, barulah ditingkatkan ke proses penyusunan otomasi Get External Data
dengan VBA.

belajar-excel@yahoogroups.com>:

> kalau gk ditutup gak terclose dunk pak ?
> maksud saya file rujukan tetap terclose, tidak terbuka sama sekali, tetapi
> akses untuk vlookup tetap bisa tanpa harus membuka file rujukan tersebut. .
> . . .
> apakah harus memakai ADODB.Connection atau apa ?
> mohon bantuannya. . . .
> atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. . . . .
>

> Hs,
>

> M. Mirza

Kirim email ke