Bulan Maret 2015 ini "suhu" Aksan Kurdin akan memberikan training "VBA
Programming".
Terus-terang saya yang membujuk beliau untuk mau jadi trainer, dan tidak
gampang membuat bang AK mau menjadi trainer resmi seperti ini.

Kenapa perlu training VBA?

Pertama karena cukup banyak teman2 yang minta diadakan training VBA.
Kedua, VBA memang perlu untuk pemrograman aplikasi MS Access!

Dari yang saya lihat di antara pemakai MS Access, dasar2 VBA sangat kurang.
Hal ini bisa dimaklumi antara lain karena:
- Ada phobia untuk belajar bahasa pemrograman.. nggak PD, dan nggak tau
harus mulai dari mana
- Kebiasaan cari code yang sudah jadi di Internet, tanya di milis, atau
dapat dari buku. Nah yang begini memang instan, nggak perlu ngerti, yang
penting jalan nggak error, walaupun nggak mengerti maksud dalam code
programnya :)

Ketika di RumahAccess muncul ide untuk mengadakan training VBA, orang
pertama yang perlu diminta tentu bang AK. Sepanjang yang saya kenal, bang
AK adalah yang paling baik struktur pemrogramannya (sorry bang bukan
sekadar ngecap :D). Di dalam aplikasi2 yang saya buat (seperti MyStore dan
MyResto) ada code yang dibuat bang AK, paling tidak ada 2 :
- function lookup (misal untuk memilih kode barang)
- procedure akses recordset dengan ADO (bang AK pernah bikin procedure
standar yg tinggal pakai, mulai dari initrecordset sampai destoryrecordset).

Nah teman2, jangan lewatkan kesempatan dua hari bersama bang AK membahas
VBA!

Haer Talib

*RumahAccess Indonesia* <http://www.rumahaccess.com>
*Tempatnya Belajar Microsoft Access*
Artikel | Forum | Milis | Download | Training | Links | Blog | Event

Kirim email ke