Hai DD,

=Indirect( teks_alamat_lengkap_nilai_yang_akan_diambil )
bahasa manusia :
"cel... sini cel... ini aku kasih urek-urek memo alias surat sakti
mandraguna berisi alamat kantor tempat kamu ambil nilai dari sana. kamu
kesana trus ambilken nilainya bawa kesini ya. segera."
naik taksi menuju kantor itu, lalu masuk dan ambil nilai yang ada di kantor
itu dibawa balik ke bosnya.

Coba bayangkan cell aktif yang akan diberi formula ada di workbook bernama
'Workbooknya kid.xlsx' pada sheet 'sheetnya kid' range c3, bagaimana cara
menulis alamat lengkap dari nilai yang akan diambil, jika nilai yang akan
diambil itu ada di :
1. 'workbooknya kid.xlsx' pada sheet 'sheetnya kid' range gj17
     -> jawabnya :  "gj17"
     -> karena nilainya ada di sheet yang sama dengan cell yang akan diberi
formula
     -> jadi cell c3 berisi formula berbunyi =Indirect( "gj17" )

2. 'workbooknya kid.xlsx' pada sheet 'lainnya' range eh23
    -> jawabnya : ?
    -> kenapa : ?
    -> bagaimana bunyi formula di range c3 'Workbooknya kid.xlsx' pada
sheet 'sheetnya kid' ?

3. 'workbook lainnya.xlsb' pada sheet 'dan lain-lain' range ops31
    -> jawabnya : ?
    -> kenapa : ?
    -> bagaimana bunyi formula di range c3 'Workbooknya kid.xlsx' pada
sheet 'sheetnya kid' ?

* pernah melihat bagaimana bunyi rujukan ke suatu range (entah itu nama
range, cell se sheet, cell se workbook beda sheet, atau cell beda workbook,
cell dalam object excel tabel, cell dalam pivot table value, dsb) dalam
suatu formula di formula bar ? bunyi itulah yang harus dijadikan suatu teks
lalu teks itu dimasukkan ke fungsi indirect.

;)

[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>  Dear Mr HK,
>
> Waduh saya masih gelap nih.
>

> Dear Mr Kid,
>
> Bisa beri pencerahan step by step-nya untuk formula Indirect ini ?, terima
> kasih.
>

> Salam,
>
> DD

  • RE: [belajar-exc... Hendrik Karnadi hendrikkarn...@yahoo.com [belajar-excel]