Dear Fhatian,
karena urutan kolom di data dan di rekap tidak sama, maka rumusnya harus
dibuat manual satu persatu. seandainya urutannya sama maka tinggal membuat
sebuah formula dan dicopy ke segala arah.

1. Buat dahulu kolom bantu di file data, ketikkan rumus di H5:
=E5&COUNTIFS(E5:$E$5;E5;B5:$B$5;"<="&B5)
*Kenapa harus pakai kolom bantu? apakah tidak ada formula yang hanya
dipasang di rekap?*
Sebenarnya dapat dibuat sebuah formula di file rekap tanpa kolom bantu,
hanya saja saya hanya dapat membuat formula menggunakan array formula.
Apabila data yang dimiliki banyak, maka array formula akan terasa
seolah-olah excel bekerja lamban.

2. di file rekap cell B5 ketikkan formula:
=IFERROR(INDEX('[data siswa.xlsx]PD'!D$5:D$24;MATCH($B$2&$A5;'[data
siswa.xlsx]PD'!$H$5:$H$24;0));"")
copy formula tersebut untuk 1 kolom.
copykan pula di D5 untuk kolom Nama siswa, ubah D$5:D$24 menjadi B$5:B$24.

Jangan lupa apabila regional setting komputer anda bukan Indonesia, ubah ;
menjadi ,

Salam

belajar-excel@yahoogroups.com>:

> Mohon bantuaanya para Master. pada file rekap akan muncul nama-nama siswa
> sesuai kelas yg dipilih. database siswa ada di file data siswa. formulanya
> gimana ya????

Kirim email ke