From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Thursday, 26 November 2015 10:55
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: Re: [belajar-excel] Penjumlahan request

Walau sudah OK menurut penanya, tetep ikutan ah...

Pinjam formula mas Nang, yang ini saja : (yang satunya lagi disesuaikan sendiri
ya)
     =SUMPRODUCT((A4=ALL!$AC$5:$AC$458)*('Hasil yang di
inginkan'!B4=ALL!$N$5:$N$458))
atau
     =SUMPRODUCT((A4=ALL!$AC$5:$AC$458)*(B4=ALL!$N$5:$N$458))

Ketika record datanya banyak sekali (misal lebih dari 100ribu atau terkadang
belum sampai 100ribu juga mulai terasa dikomputer tertentu), SumProduct akan
terasa berat dikalkulasi karena ada proses komputasi array. Artinya, sumproduct
akan mengambil seluruh data yang dirujuk terlebih dulu (sebagai array),
kemudian dikomputasi satu per satu, baru di-sum.
Yang sedikit lebih efisien adalah CountIFs (untuk kasus di atas targetnya
adalah menghasilkan jumlah cacah data yang sesuai kriteria).
     =CountIFs( ALL!$AC$5:$AC$458 ,  A4 ,  ALL!$N$5:$N$458 , B4 )

Regards,

nanga...@gmail.com<mailto:nanga...@gmail.com> [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>:

Dear Sri Wahyudi,
Coba di C4 dimasukkan formula:
=SUMPRODUCT((A4=ALL!$AC$5:$AC$458)*('Hasil yang di
inginkan'!B4=ALL!$N$5:$N$458))
sedangkan di D4 dimasukkan formula
=SUMPRODUCT((A4=ALL!$AC$5:$AC$458)*('Hasil yang di
inginkan'!B4=ALL!$W$5:$W$458))

Salam
NangAgus

swahy...@pacbrands.com.au<mailto:swahy...@pacbrands.com.au> [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>:

Dear Master2

Mohon bantuannya untuk menyelesaikan kasus excel saya,

Saya ingin melihat summary dari jumlah  Item/BOM yang di request dan jumlah
item/BOM yang dihasilkan,  berdasarkan tanggal dan nama usernya,
sepert file terlampir,

atas kurang dan lebihnya mohon maaf

Regards
Yudi