Wa'alaikumussalam wr wb

Hai Edo,

Jadi bisa ada banyak cells sekaligus yang diubah (misal dengan copas) dan
yang berubah hanya di kolom C (di preview nya, kolom C adalah persentase).

> pada event change milik worksheet diberi kode VBA berikut :
    dim rng as range,lRow as long
    if not intersect( target,range("c:c") is nothing then     'cek yang
berubah beririsan dengan kolom C
        application.enableevents=false     'cegah Excel untuk responsif
terhadap perilaku
        on error resume next           'lewati error yang terjadi
        for each rng in intersect( target,range("c:c")   'di setiap cells
yang berubah di kolom C
               lrow=rng.row        'simpan baris

cells(lrow,4).value=cells(lrow,2).value*cells(lrow,3).value       'isi
kolom D
               if err.number=0 then         'kolom D terisi dengan baik ?

cells(lrow,2).value=cells(lrow,2).value-cells(lrow,4).value    'isi kolom B
               endif    'selesai cek kolom D terisi dengan baik
               err.clear   'hapus error yang terjadi
        next rng    'ke range yang berubah berikutnya
        on error goto 0            'kembalikan setting trap error ke default
        application.enableevents=true     'excel boleh responsif lagi
    endif   'selesai cek

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

belajar-excel@yahoogroups.com>:

> Assalamualaikum..
>

> Dear All
>
> Mau tanya bagaimana cara membuat kode VBA bahwa untuk setiap pengisian
> atau perubahan nilai di setiap baris di kolom C akan menghasilkan nilai di
> setiap baris yang ada di kolom D berupa perkalian dari baris di kolom A
> dikali dengan baris di kolom C . Sedangkan nilai yang ada di baris di kolom
> B sendiri akan berkurang menjadi nilai dari kolom B yang awal dikurangi
> dengan nilai yg ada di baris kolom D.
>

> Untuk lebih jelasnya, saya lampirkan filenya.

> [...]

Kirim email ke