Hai Farud,

Jika kriterianya HANYA berdasar cells B5 di sheet bernama 'sekolah' (JADI
TIDAK ADA kriteria berdasar nama sekolah atau tahun atau kelas), coba
begini :
ke VBE -> ke module ThisWorkbook -> buat event workbook sheet activate ->
isi dengan script berikut :
if ucase(sh.name)<>"SEKOLAH" then
    if sheets("sekolah").range("b5")=1 then
            application.goto sh.range("a2"),true
    else
           application.goto sh.range("a400"),true
   endif
endif

TAPI, jika kriterianya lebih dari (TIDAK HANYA berdasar cells B5 saja),
seperti kalau nama sekolah adalah X, tahunnya N, kelasnya C, semesternya 1
maka ke cells A2, berarti akan ada banyak kondisi (ada 10 sekolah, data 3
tahun, per tahun 2 semester, tiap sekolah ada 23 kelas) dan cara
menampilkan output seperti demikian sangat tidak efisien.

BAHKAN, walau hanya berdasar 1 kriteria (berdasar cells B5 [semester
doink]) pun sebaiknya hanya ada 1 sheet output, kemudian user bisa memilih,
memilih semester 1 untuk UAS, maka sheet output langsung menampilkan data
semester 1 UAS mulai cells A2. Jika dipilih UH semester 2, maka sheet
output yang sama mulai di cells A2 sudah berganti isinya menjadi tampilan
data nilai UH semester 2. Output seperti ini bisa dibuat dengan lebih mudah
dan sederhana ketika datanya disusun dengan baik sebagai sebuah tabel data
yang baik yang orientasinya vertikal dan cenderung mengikuti kaidah tabel
database (IKUT kaidahnya doang kok).

Regards,
Kid

belajar-excel@yahoogroups.com>:

> terimakasih buat mr.kid..file yg mr.kid berikan sudah hampir sesuai dengan
> apa yg saya harapkan tapi disitu pilihannya ada dua, agar  mr.kid dan
> master2 yang lain lebih paham dengan apa yg saya harapkan saya kirim
> filenya lagi yg lebih lengkap dan lebih rinci penjelasannya.
>

> Pada 13 September 2016 02.08, 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com

Kirim email ke