Hai Riki,

Asumsinya ada sebuah tombol untuk melakukan print.
Tombol tersebut berisi perintah untuk menentukan area yang akan di-print.
Pasti di dalam tombol tersebut berisi baris kode yang syntax nya begini :
      object_yang_akan_dicetak.printout
seperti :
      sheets("invoice").range("c7:k19").printout
atau
      activesheet.printout
dan sebagainya.

Sebelum baris seperti itu, diberi kode berikut :
   dim lC as long
ULANGI:
   lc=application.inputbox("Tentukan jumlah salinannya (1 sampai 1234).
Cancel untuk membatalkan proses cetak.",type:=1)
   if lc<0 or lc>1234 then
        goto ulangi
   elseif lc=0 then
        msgbox "Batal"
        exit sub
   endif
   'baris print disini, seperti :
      sheets("invoice").range("c7:k19").printout *lc*

Jika akan mencegah proses print lewat menu, tambahkan baris :
     application.enableevents=false
sebelum baris kode blabla.printout [blibli]
dan tambahkan juga baris kode :
    application.enableevents=true
setelah baris kode blabla.printout [blibli]
kemudian buat event workbook before print, isi dengan baris kode :
    cancel=true

selebihnya, silakan dikembangkan lebih lanjut.

Regards,
Kid

<belajar-excel@yahoogroups.com>:

> Dear Masters,
>

> Saya mau tanya kode macro untuk perintah print, namun dengan pertanyaan
> jumlah Salinan terlebih dahulu sebelum eksekusi, dan hasil eksekusi sesuai
> dengan jumlah Salinan yang dimasukan.
>

> Suwun Masters.
>
> Riki Excel Newbie.

Kirim email ke