Hai Salim,

Formula dasar :
       =Left( *teks* , Len( *teks* ) - 1 )
dengan 1 adalah 1 bijik karakter, sehingga yang diambil dari kiri adalah
sebanyak jumlah karakter yang ada di kurangi 1. Akibatnya, 1 karakter
terkanan tidak terambil.

Jadi, formula dasar di atas akan bersikap seperti poin-poin berikut :
a. Ketika karakter terkanan adalah karakter titik, maka karakter titik
tidak akan terambil. Contoh : kid.     menjadi kid
b. Ketika karakter terkanan adalah karakter spasi, maka karakter spasi
tidak akan terambil. Contoh : kid     menjadi kid
c. Ketika karakter terkanan bukan spasi maupun titik, maka karakter
terkanan yang ada tidak akan terambil. Contoh : kid1   menjadi kid

d. Andai 2 karakter terkanan adalah spasi lalu titik, maka hanya karakter
titik yang tidak terambil, sedangkan karakter spasi terambil. Contoh : kid .
menjadi kid
e. Andai 2 karakter terkanan adalah titik lalu spasi, maka hanya karakter
spasi yang tidak terambil, sedangkan karakter titik masih terambil. Contoh
: kid.     menjadi  kid.

Untuk mengantisipasi keadaan-keadaan di atas, begini :
1. Menghindari dampak adanya spasi (tungga maupun berganda) setelah
karakter titik terakhir yang ada, maka butuh proses trim pada nilai teks
yang diproses.
    > contohnya adalah poin e. Diubah dulu supaya jadi poin a.
    > artinya, semua bagian formula yang merujuk ke nilai *teks* diganti
dengan bunyi *Trim( teks )*
    > formula menjadi :
         =Left( *Trim( teks )* , Len( *Trim( teks )* ) - 1 )

2. Untuk menghindari dampak adanya sisa spasi terluar setelah karakter
titik terakhir dibuang, maka butuh proses trim pada hasil formula
     > contohnya adalah poin d dihilangkan spasi terkanannya
     > artinya, hasil fungsi Left dikenai proses oleh fungsi Trim
     > formula menjadi :
        =Trim( Left( *Trim( teks )* , Len( *Trim( teks )* ) - 1 ) )

3. Untuk menghilangkan karakter titik yang ada di karakter terakhir bila
ada, maka dibutuhkan pemeriksaan karakter terakhir adalah titik atau bukan.
    > contohnya adalah poin c. Diperiksa dulu karakter terakhirnya adalah
titik atau bukan, kalau titik, barulah ambil sebanyak jumlah karakter
kecuali 1 karakter terakhir
    > artinya, angka 1 diubah menjadi fungsi IF yang berbunyi :  IF( Right(
*teks* , 1 )="." , 1 , 0 )
    > karena nilai teks dibuat terhindar dari dampak spasi berlebih dengan
menjadi Trim( teks ), maka bagian IF menjadi : IF( Right( *Trim( teks )* ,
1 )="." , 1 , 0 )
    > formula menjadi :
        =Trim( Left( *Trim( teks )* , Len( *Trim( teks )* ) -   IF(
Right( *Trim(
teks )* , 1 )="." , 1 , 0 )  ) )
    > berhubung hasil perbandingan di Excel menghasilkan TRUE yang setara 1
atau FALSE yang setara 0, maka formula bisa disederhakan sedikit menjadi :
        =Trim( Left( *Trim( teks )* , Len( *Trim( teks )* ) -
Right( *Trim( teks )* , 1 )="."              ) )
    > berhubung fungsi Right (termasuk fungsi Left) memiliki default nilai
jumlah karakter yang diambil adalah 1 karakter, maka formula bisa juga
ditulis sebagai :
        =Trim( Left( *Trim( teks )* , Len( *Trim( teks )* ) -
Right( *Trim( teks )*      )="."              ) )

Begitulah kira-kira...

Regards,
Kid

  • [belajar-exce... Salim Jenggot salim.jeng...@gmail.com [belajar-excel]