Dear Nopan
sekedar usul dan saran ,...
semua data dijadikan satu sheet dengan kaidah data base (mungkin ini
menyulitkan dan menyussahkan tetapi akan diberi banyak kemudahan dikemudian
hari) sheet ini tidak bagus dimata manusia tetapi bagus untuk pengolahan
selanjutnya. contoh pembuatan tabel oleh Mas Kid ada di sini
<http://excel-mr-kid.blogspot.co.id/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html>
jika menginginkan laporan (mudah dan bagus dilihat manusia) 12 sheet yang
berbeda dengan masing masing bulan sangat mudah tinggal di buat dengan
pivot, filter, lookup, index, atau formula lainnya.
Jika ingin laporan bulanan yang dibuat dengan sheet yang berbeda juga mudah
untuk dihitung menggunakan sum, countif, countifs, sumproduct atau formula
lainnya.
itupun hanya sekedar saran saja....  kalau menyusahkan jangan diambil hati.
kalau data yang diambil dengan formula dari banyak sheet secara dinamis
saya belum bisa, mungkin kalau pakai VBA bisa dicoba dahulu dengan rekam
macro.

salam
Nang Agus

NB:
Saya pernah mempunyai data dalam 24 sheet yang berbeda dengan format sang
sama dan tempat yang sama, setelah saya belajar sheet berkaidah data base
dari Mas Kid, akhirnya data tersebut saya jadikan satu sheet, dengan banyak
sheet report. (meskipun data tersebut diisi 50 orang sekantor masih bagus
jika dijadikan satu sheet)

belajar-excel@yahoogroups.com>:

> Data tidak bisa di buat 1 sheet, soalnya merupakan hasil kegiatan bulanan
> jadi harus dari sheet januari sampai desember.
> Apakah bisa penggabungan rumus sumif dan indirect, tapi bagaiman caranya
> membuat rumusnya.
> Mohon bantuannya..
>
> Pada tanggal 17 Mei 2017 07.28, "nangagus nanga...@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>

> Sebaiknya datanya dijadikan satu sheet saja, akan lebih mudah mengolah data
>
> Tujuannya kesulitan di awal penggabungan data tetapi akan lebih mudah
> untuk pengerjaan berikutnya

> [...]

Kirim email ke