Hai Kiki,

Tentang :

> * Penginput data ada 3 orang (Andi, Dian, Dina), dengan komputer berlainan
> tempat
>
> Meski input berlainan tempat, ada baiknya save di satu folder yang sama
di komputer yang sama

Tentang :

> * Bagaimana cara paling efektif agar saya dapat menggabungkan tiga
> workbook tersebut dalam satu tabel di komputer saya ?
>
> Jika menggunakan xl2010 ke atas, pakailah Power Query (download dan
install untuk xl2010 dan xl2013, pakai untuk xl2016 ke atas)

Tentang :

> * Apakah harus menggunakan relasi antar tabel atau cukup dengan append ?
>
> Append,
> karena Andi, Dian, dan Dina sudah memiliki hubungan yang baik-baik saja,
yaitu bekerja sebagai satu tim yang kompak...
> ndak usah repot-repot cari gara-gara membuatkan relasi tambahan diantara
mereka,
   nanti ndak mereka malah bubar gara-gara ada yang bertepuk sebelah tangan
> lagi pula, apa pantes Celana Dian dijejerken dengan Celana Andi.. ra' ya
ndak mungkin to...
> yang simpel dan logis saja ya...
   nanti ndak sampeyan malah mbulet lan mumet sendiri, karena Underwear
Dian tak tertandingi (lha Andi dan Dina gak punya Underwear jeh..)

> mending punyanya masing-masing ditumpuk jadi satu, biar gampang ngirim ke
laundry

> oh iya, ndak usah aneh-aneh pengen Merge segala ya
> apa iya, kalo Celana Andi diganti dengan Celana Dian saja, dan biarkan
Dian gak punya celana.. (ih... saru..)

> So, sudah bisa paham bedanya Append, Merge, dan manfaat Relationship
dalam data ?
   Mestinya bisalah... masak cuman bisa cengar-cengir sendiri kaya lagi gak
sehat..

> Sederhananya,
   1. Relationship untuk menjejerkan data (sering disebut JOIN) [Celana
Dian gak bisa di JOIN dengan Celana Andi kan]
   2. Merge untuk mengganti yang lama dan menambahkan yang belum ada
[kasihan Dian, baru punya celana baru dah dipakai buat ngganti celana Andi
yang dah lama]
   3. Append untuk menggabungkan (menumpuk, atau mengumpulkan jadi satu
susun, sering disebut UNION ALL) [disusun dari atas ke bawah, biar mbak
Inem gampang mbawa ke laundry]

Tentang :

> * Append tiga workbook tersebut ke tabel yang berstruktur kolom sama di
> komputer saya dengan bantuan Power Query
>
> yak bagus...

Tentang :

> Yang jadi masalah, workbook saya yang memuat hasil append query dari 3
> workbook tsb file nya menjadi besar
>
> loh... lha kok tumpukannya ditaruh di meja tamu...
> kan mau dibawa ke laundry..
> taruhlah di keranjang, biar mbak Inem gampang mbawanya...
   kecuali kalo mbak Inem selalu punya pulsa untuk telpon sampeyan nanyain
lokasi tumpukannya dimana, maka tumpukannya bisa ditaruh diteras belakang....
   jadi kan gak bikin sesek n penguk ruangan kantor ya... biar kantornya
tetep fresh gitu, tapi tumpukannya juga sampai ke laundry

> So,
   Cari wadah yang lebih pantes [Excel data model atau langsung Pivot
Cache],
   lalu sesuaikan peletakan wadahnya berdasar potensi kelanggengan mbak
Inem untuk segera tahu
   dimana tumpukannya dan bisa segera membawa ke laundry [Save with
workbook atau tidak jika oleh pivot cache, atau biar kompresi Excel Data
Model]

Tentang :

> lambat ketika proses refresh
>
> waaa.... lha jelas, mbak inem aja sungkan mau masuk ke ruang tamu
kantor...
   masak petugas laundry harus ngobrol sama tamu kantor yang lagi siriyes
mbahas proyek...
   kacian mbak Inem, cuma maju mundur maju mundur, masuk gak masuk gak...
   lah kalo incak incik begitu, ya jadi lama kerjanya si mbak Inem...
   kapan sampai laundry bawa tumpukannya ya...
> coba kalo pas dengan karakter kerja mbak Inem, mesti sampeyan bisa jadi
pahlawan...
   begitu memahami mbak Inem gitu loh...

Begitu ya...
wkwkwkwk...

ngomyangin lainnya aja yuk...
1. Kalau pakai xl2007 ke bawah :
    a. datanya gak banyak (tidak lebih dari 500K per tabel), bisa pakai Get
External Data berisi query Union All, lalu dimasukkan langsung ke pivot
table
    b. datanya sedikit (tidak lebih dari 100K per tabel), pakai VBA untuk
buka file, lalu copy, trus paste ke workbook kumpulan, masih ok lah
    c. datanya sangat sedikit, copas value manual atau entri langsung sajah
di workbook kumpulan... (kalo betah)
    d. kalau datanya banyak banget, pakai VBA untuk mengumpulkannya menjadi
1 (satu) bijik text file, lalu ambil dari text file pakai Get External Data
2. Kalau pakai xl2010 ke atas, tapi tidak bisa pakai Power Query n Excel
Data Model :
3. Kalau pakai xl2010 ke atas, bisa pakai power query, tapi gak punya akses
ke Excel Data Model :
nomor 1.d.
4. Kalau pakai xl2010 ke atas, bisa pakai power query n Excel Data Model :
    *** psstt... bisik-bisik aja ya, ini rahasia...
         pakai power query, bisa dinamis untuk ngambil dari mana saja
(tidak harus dari satu folder), asal ada daftar nama file beserta path-nya.
         daftarnya nambah, maka yang diambil juga nambah... daftarnya bisa
diatur pakai berbagai cara supaya dinamis juga kan...
         rahasia loh ya...

udah ah...
nanti ndak ditanyain BeExceller, 'Kid Sehat ?'
:(

Regards,

belajar-excel@yahoogroups.com>:

> Dear Teman Teman
>
> Mohon bantuan dan pencerahan untuk kasus berikut :
>

> [image: Inline image]

  • [belajar-excel] C... kiki tanjung kiek...@yahoo.com [belajar-excel]
    • Re: [belajar... kiki tanjung kiek...@yahoo.com [belajar-excel]
      • Re: [bel... hendrik karnadi hendrikkarn...@yahoo.com [belajar-excel]