waduh gimana ini mengakhiri tooltips nya Mr.? he

 Pada Kam, 1 Mar 2018 pada 8:15, 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]
 menulis:

 oh begitu....

baiklah..

yuk disempatkan belajar fitur Excel yang dasar-dasar dulu...

VBA kan untuk otomasi... kalau menerjakan secara manual (tanpa VBA) saja masih
kurang optimum dalam memanfaatkan fitur Excel, hasil otomasi dengan VBA nya
bisa tidak efisien atau terlalu rumit untuk dikembangkan.

Untuk hide baris (bisa dikembangkan untuk hide kolom, unhide baris, unhide
kolom) sudah bisa ya..

Untuk print juga sudah bisa kan ya...

Masalah berikutnya adalah baris yang akan di-hide ada banyak dengan kriteria
tertentu.

Pada kasus ini, baris yang di-hide adalah yang cells di A1:A10 adalah blank
(blank tidak sama dengan "" [nullstring])

 Artinya, range yang ada di baris kode untuk hide haruslah merujuk ke A1:A10
yang blank.

 Oke... kalau begitu cari cara supaya bisa memilih cells yang blank di A1:A10
lebih dulu.

 Maka dicoba dulu dengan cara manual (BUKAN bersegera menggunakan VBA).

 Bahasa manusia dari prosesnya begini :

 "ke sheet yang diproses (misal sheet bernama Data), blok cells A1:A10, ke
(goto) cells khusus (special) yang blank (Blanks)"

Cara manual di worksheet-nya begini :

 0. ke sheet yang beberapa barisnya akan diproses (misal sheet bernama Data)

 1. blok cells A1:A10

 2. pakai fitur Goto Special Blanks OK [tekan CTRL G -> klik Special -> pilih
Blanks -> tekan OK]

 > didapatlah cells di A1:A10 yang blank.

 Kalau sudah bisa dan mencoba cara manualnya, dan berhasil sesuai kebutuhan,
barulah disusun otomasinya (pakai VBA) :
0. ke sheet yang beberapa barisnya akan diproses (misal sheet bernama Data)

     bunyi dalam VBA :    sheets("Data")

 1. blok cells A1:A10

     bunyi dalam VBA :    range("a1:a10")
2. pakai fitur Goto Special Blanks OK [tekan CTRL G -> klik Special -> pilih
Blanks -> tekan OK]

     bunyi dalam VBA :    specialcells(xlCellTypeBlanks)

 Sudah dapat parts-nya, maka dikembalikan ke bahasa manusianya :
 "ke sheet yang diproses (misal sheet bernama Data),   blok     A1:A10, ke
(goto) cells khusus (special) yang blank (Blanks)"

sheets("Data").Range("A1:A10).SpecialCells(xlCellTypeBlanks)

 Dapat deh baris kode untuk memilih range yang blank di A1:A10, yaitu :

         sheets("Data").Range("A1:A10).SpecialCells(xlCellTypeBlanks)

 > Biasanya akan ada yang bilang begini :

 'itu kan kalo sudah tahu VBA punya SpecialCells dan harus milih
xlCellTypeBlanks, kalau belum tahu trus gimana mungkin bisa nyusun begitu'
*** No Offense ***

 hmmm... betul juga ya...

 maksudnya, betul juga kalau gak pernah memperhatikan tooltips, gak akan
merasakan manfaat tooltips, jadinya gak mau berusaha memunculkan tooltips, lalu
asal bunyi dalam mencari alasan..

 *** No Offense juga ***

 Begini :

 kalau di VBA menulis : (jangan lupa karakter titik nya dan tidak ada spasi)

      Sheets("Data").

 toolstip tidak akan muncul.

 kalau begitu, untuk sementara pinjam dulu nama asli worksheet-nya.

 Sheets bernama Data, di VBA Object Explorer akan tampak memiliki nama Sheet1
misalnya, maka tulis begini :

​Berhubung butuh menggunakan cells atau range, maka cari dalam daftar yang
bunyinya Cells atau Range (pilih yang cocok).

 aah.. ada bunyi Cells, maka klik cells, buka kurung. Muncul lagi tooltips-nya,
kok gak bisa pakai alamat A1:A10 kalau pakai Cells, berarti gak bisa pakai
Cells.

 Cari yang lainnya saja... lalu cari lainnya, dapatlah pilihan kedua (kalau
tidak Cells berarti Range, karena cells dengan range merujuk ke isi worksheet
tempat menulis data).

 Dipilihlah range lalu buka kurung, muncul lagi tooltips-nya, lalu diketik deh
A1:A10 sebagai string.

 Jadinya didapat bunyi :

         Sheet1.Range("A1:A10")

 Begitu ketik karakter titik, muncul lagi tooltipsnya

​Tadi, kerja manualnya, pakai Goto lalu Special, berarti cari Goto atau cari
Special nih....

 Mulailah cari Goto dulu... horeee ketemu goto.. dipilihlah goto lalu ketik
buka kurung atau spasi yang penting bisa muncul tooltip lagi

 loh kok Goto gak ada bunyi pilih-pilih Special nya dalam tooltip milik Goto..

 waaah... brarti bukan pakai Goto nih..

 Akhirnya coba kemungkinan kedua, yaotu Special

 Mulai cari kata special... waaah... gak ada Special, adanya cuma SpecialCells..

 Coba sajalah, siapa tahu Goto Special di fitur Excel itu artinya
SpecialCells..
eh kan di bahasa manusianya berbunyi 'ke cells khusus' ya... itukan bahasa
sononya berbunyi Cells Special atau Special Cells.. kayaknya milih SpecialCells
bener dah nih..

 dicobalah SpecialCells lalu spasi atau buka kurung asal keluar tooltips..

 dicobalah dulu pakai spasi, lalu muncul deh tuh tooltips

waahh... ada bermacam-macam..

 butuh yang blank nih, karena cara manualnya trus pilih blank...
dicarilah pilihan yang ada bunyi blank..

 yaiy... dapet bunyi xlCellTypeBlanks

 ​Dapet deh bunyi baris :
        Sheet1.Range("A1:A10").SpecialCells xlCellTypeBlanks

 Tapi kok setelah pilih blank, kalau dikasih titik gak keluar tooltips, padahal
kan yang blank tadi mau diproses yang lain..

 Kayaknya waktu milih SpecialCells bukan diikuti spasi deh, tapi pakai kurung
deh..

 Dicoba ulanglah...

​yess... isi tooltips nya sama seperti kalau pakai spasi..

 pilih blank, trus dapat baris kode
         Sheet1.Range("A1:A10").SpecialCells(xlCellTypeBlanks)

 trus dicoba setelah tutup kurung diberi karakter titik...

 wauw... keluar tooltips lagi.. horee... akhirnya bisa deh memanfaatkan
tooltips.

​wiii... isinya kaya tooltips nya range...

 wah.. kesempatan nih..

 mau blok semua barisnya ahhh

 dipilihlah EntireRow

 dst

 sampai selesai baris itu, lalu bisa mulai mengembalikan sheet1 menjadi
Sheets("Data") jika pengennya pakai Sheets("Data")

 padahal pakai Sheet1 (nama asli [sesuai akta kelahiran si worksheet] di VBA
Object Explorer.

 dan begitulah seterusnya setiap kali menyusun otomasi...

 Regards,

 Kid

 On Thu, Mar 1, 2018 at 7:12 AM, Rian Sutarsa riansuta...@yahoo.com
mailto:riansuta...@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com
mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

saya blok A1 s..d A10 lalu tekan Ctr + klik Cell A2, A4:A7, A9 satu persatu.
begitukah?

 Pada Kam, 1 Mar 2018 pada 6:46, 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com
mailto:mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]
 <belajar-excel@yahoogroups.com mailto:belajar-excel@yahoogroups.com > menulis:

 Langkah-langkahnya bagaimana ?

 On Thu, Mar 1, 2018 at 6:29 AM, Rian Sutarsa riansuta...@yahoo.com
mailto:riansuta...@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com
mailto:belajar-excel@yahoogroups.com > wrote:

 ini pe er nya Mr. Kid, mohon koreksi & bimbingannya

 Pada ‎Kamis‎, ‎01‎ ‎Maret‎ ‎2018‎ ‎06‎:‎12‎:‎48‎ ‎WIB, 'Mr. Kid'
mr.nm...@gmail.com mailto:mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com mailto:belajar-excel@yahoogroups.com > menulis:

 Coba buat sheet baru, lalu tulis data sebagai berikut di sheet1 :

A1 : isi dengan bunyi 'Header'

A3 : isi dengan bunyi 'Data 1'

A8 : isi dengan bilangan 123

A10 : isi dengan mengetikkan bunyi #N/A tekan Enter

Kemudian, blok cells A1 sampai A10.

pe er :

Dalam keadaan A1 sampai A10 terblok, bagaimana caranya memblok cells yang blank
? (cells A2,A4:A7,A9)

 Langkah-langkahnya dikirim ke milis ya.....

 Saya tunggu deh..

 Regards,

 Kid

 On Wed, Feb 28, 2018 at 9:37 PM, Rian Sutarsa riansuta...@yahoo..com
mailto:riansuta...@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com
mailto:belajar-excel@yahoogroups.com > wrote:
   emmm.. jadi begini Mr. saya mau hide cell a5 s.d a10 ketika kosong tanpa ada
data, dan unhide ketika terisi data. mohon solusinya Mr.

 Pada Rab, 28 Feb 2018 pada 20:30, 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail....com
mailto:mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]
 <belajar-excel@yahoogroups.com mailto:belajar-excel@yahoogroups.com > menulis:

 Buat prosedur, lalu isi dengan baris kode yang dibutuhkan..

Contoh baris kode untuk hide baris 1 Excel di sheet bernama Data :

       Sheets("Data").range("a1"). entirerow..hidden=true     'pada sheet
bernama Data, di range A1, seluruh barisnya, status hidden menjadi true

 Contoh baris kode untuk print area range C7 sampai Z19 di sheet bernama Data :

        Sheets("Data").range("c7:z19") .printout     'pada sheet bernama Data,
di range C7:Z19, lakukan print

Begitu ?

 On Wed, Feb 28, 2018 at 8:21 PM, Rian Sutarsa riansuta...@yahoo.com
mailto:riansuta...@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com
mailto:belajar-excel@yahoogroups.com > wrote:
   bisa lebih dijelasin Mr. Kid? saya masih dalam tahapan belajar soal VBA

 Pada Rab, 28 Feb 2018 pada 18:14, 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail..com
mailto:mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]
 <belajar-excel@yahoogroups.. com mailto:belajar-excel@yahoogroups.com >
menulis:

 Wa'alaikumussalam wr wb

 Hide :
 Sheets("nama sheet").range("a1").entirerow.. .. hidden=true

Print :
 Sheets("nama sheet").range("area range")..printout

 Wassalamu'alaikum wr wb
 Kid
Sent from my smart enough phone

On Feb 28, 2018, at 17:50, Rian Sutarsa riansuta...@yahoo.com
mailto:riansuta...@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com
mailto:belajar-excel@yahoogroups.com > wrote:

   Assalamu'alaikum para Master BeExcel, mohon bantuannya dan bimbingannya
mengenai Macro VBA Hide/Unhide cell otomatis plus button print nya... hehe..
 terimakasih banyak sebelumnya.

 Wassalam

          • ... 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]
            • ... Rian Sutarsa riansuta...@yahoo.com [belajar-excel]