Hai DD,

Mungkin pakai xl2013 ke atas ya...
Kalau begitu, yang perlu di-set di registry adalah bagian ini : (xx adalah
versi office, seperti 15 untuk xl2013 atau 16 untuk xl2016)
> Computer -> HKCU (HKEY_Current_User) -> Microsoft -> Office -> xx.0
->Excel -> Options -> cari item DisableMergeInstances lalu klik kanan pilih
Edit -> pilih Decimal -> isi angka *0 atau 1* -> tekan OK
*** Catatan :
*0 atau 1*
0 : open Excel akan di 1 instance yang sama yang telah terbuka
1 : open Excel akan di instance yang berbeda

Jika item DisableMergeInstances belum ada, maka perlu dibuat sendiri :
> Computer -> HKCU (HKEY_Current_User) -> Microsoft -> Office -> xx.0
->Excel -> Options -> klik kanan area kosong di pane sisi kanan -> New ->
pilih DWORD -> tulis DisableMergeInstances -> Enter
(by default, item ini akan diisi dengan nilai 0)

Regards,

  • [belajar-e... 'Dede Sulaeman' pmaho_...@pinusmerahabadi.co.id [belajar-excel]
    • Re: [... hendrik karnadi hendrikkarn...@yahoo.com [belajar-excel]
    • Re: [... 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]