Wa'alaikumussalam wr wb

> apabila saya *mengetikkan* nilai di atas 6 pada salah satu cell yang ada
> di range L13 sampai dengan L17, maka dari cell yang bersangkutan berikut
> 2 cell disebelah *kanannya* akan tercopy (VALUE) secara otomatis ke range
> A7 sampai C7 (*dibawah baris yang sudah terisi data*).

> mungkin maksud dari ' *kanannya*' adalah di sebelah kirinya ya...
> cara input '*mengetikkan*' ini maksudnya benar-benar meng-entry dengan
keyboard pada sebuah cells tertentu atau dimaksudkan sebagai mengubah cells
dengan berbagai cara yang memungkinkan ?
> jika maksud '*mengetikkan*' adalah meng-entry dengan keyboard, maka
relatif sulit memberi batasan terhadap user yang menggunakan paste (CTRL V)
> jika maksud '*mengetikkan*' adalah mengubah cells dengan berbagai cara
yang memungkinkan (termasuk paste), maka cukup dengan event change miliki
worksheet tersebut.
> kondisi ' nilai di atas 6' memerlukan 2 (dua) proses pemeriksaan nilai,
yaitu :
    1. apakah nilainya adalah numerik dengan IsNumeric
    2. apakah hasil konversi nilai menjadi bertipe data numerik tertentu
(seperti double jika ada nilai dibelakang koma, atau long [setara longlong
di office 64 bit] untuk bilangan bulat kurang dari 2 milyar)
> cara penyalinan ' tercopy (VALUE)' untuk kasus ini bisa dengan :
(setidaknya salah satu dari)
    1. copy lalu paste special value
    2. dengan set value di area target dengan value yang ada di area sumber
[khusus ketika diketahui luasan sumber dan targetnya]
> penentuan lokasi penyalinan 'secara otomatis ke range A7 sampai C7 (*dibawah
baris yang sudah terisi data*)', apakah hal ini mengindikasikan boleh
terjadi penyalinan yang sekadar berbeda nilai L13:L17 ?
   Contoh :
    - Pada kolom lainnya bernilai sama, di L13 pada entry ke-1 diisi 1000,
akan tersalin ke baris 7 bernilai 1000.
    - Pada entry ke-2 (ingat, kolom lainnya masih sama), di L13 di-entry
nilai 2000, maka tersalin di baris 8 bernilai 2000
    - Pada entry ke-3 (ingat, kolom lainnya masih sama), di L13 di-entry
nilai 1000, maka tersalin di baris 9 bernilai 1000
    *** artinya, baris 7 dan baris 9 akan sama persis (record terduplikasi)
   Demikiankah ?
> jika memang demikian alur penyalinannya, ada baiknya ditambahkan sebuah
kolom tanggal salin.
> jika tidak demikian, maka ketika yang tidak diijinkan adalah record
terduplikasi, maka bisa memanfaatkan remove duplicate untuk menjaga
keunikan record.
> pemanfaatan remove duplicate sekadar untuk memudahkan proses pembuatan
baris kode VBA, supaya tidak terlalu rumit memikirkan proses loop dan
pembandingan beberapa nilai kolom untuk memeriksa apakah sudah pernah ada
penyalinan data tersebut sebelumnya.

> Dan apabila baris A21 sampai dengan C7 sudah terisi data (record), maka
> *perintah
> (code VBA) tidak boleh dijalankan lagi*.  VBA Code yang ada cuma bisa di
> 1 cell saja , yaitu cell "L13".

> potongan kalimat yang berbunyi '*perintah (code VBA) tidak boleh
dijalankan lagi*', maksudnya adalah perintah VBA tetap berjalan, tetapi
tidak mengjalankan baris kode penyalinan data.
> syarat 'apabila baris A21 sampai dengan C7 sudah terisi data (record)'
artinya cukup periksa isi cells A21 sudah berisi data atau belum. Bukan
begitu ? Bisa buatnya kan ?

ok...
tampaknya masih ada beberapa hal yang perlu dijelaskan oleh pemilik kasus....

btw,
Bagaimana jika user memasukkan nilai yang sama di L13, L15, dan L17 secara
bersamaan dengan memilih 3 cells tersebut dan melakukan pengubahan nilai
data ? (entah paste atau entry dengan CTRL ENTER)

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

> [...]
> cell "L13".
>

> Atas perhatian dan bantuannya, saya mengucapkan terima kasih
>

> Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  • [belajar-excel] Copy... Cari Kebenaran cahayailm...@gmail.com [belajar-excel]
    • Bls: [belajar-e... Toby kenzo tobyke...@yahoo.co.id [belajar-excel]
      • Re: [belaja... Cari Kebenaran cahayailm...@gmail.com [belajar-excel]
        • Bls: [b... Toby kenzo tobyke...@yahoo.co.id [belajar-excel]