Hai Leo,

*Tentang kriteria :*
Kriteria sebaiknya dijabarkan dengan detil. Jika berdasar 3 kolom kriteria,
maka seluruh kriteria juga dijabarkan berdasar 3 kolom kriteria.
Contoh kriteria yang perlu dijabarkan lebih detil :
F2 : umur sekarang 1,1 - 70,0 tahun, saldo simpanan diatas 50.000.000
F3 : umur masuk 60,0 - 70,0 tahun, saldo diatas 10.000.000

F2 itu untuk umur masuk berapa ?
F3 itu untuk umur sekarang berapa ?

Contoh Data :
Umur Masuk = 63
Umur Sekarang = 68
Saldo = 100juta
Mau masuk yang mana ? F2 atau F3 ? Kenapa ?

*Tentang mencari tanggal di usia tertentu :*
> gunakan fungsi EDate
> Syntax :
        =EDate( tgl_awal , jumlah_bulan )
> Contoh :
Lahir = 17-Aug-1945
Soal 1 :

> Usia = 70 tahun
> Tanggal berapa usia 70 tahun tersebut ?
> Jawab : Tanggal EDate( Lahir , 70*12 )

Soal 2 :

> Usia = 70 tahun 3 bulan

Tanggal berapa usia 70 tahun 3 bulan tersebut ?

Jawab : Tanggal EDate( Lahir , 70*12 + 3 )

*Tentang penyimpanan data dengan satuan yang berbeda untuk diolah lebih
lanjut :*
:

> umur masuk dan umur sekarang dihasilkan dari menggunakan fungsi DATEDIF.
>
> Umur masuk dan umur sekarang dibiarkan apa adanya (sesuai yang diinginkan)
> tanpa dikonversi ke number
>
> Keputusan yang menghasilkan komen tersebut adalah langkah pertama
menelusuri jalan proses yang ruwet bin mumet bin bikin putus asa

> Pada data seperti usia dalam Tahun dan Bulan, jika akan diolah lebih
lanjut,
   sebaiknya disimpan dalam susunan (struktur) [sebut saja format deh biar
lebih familiar] *yang tidak menghalangi proses perbandingan data.*
> Pakai contoh saja ya, sila dilakukan masing-masing :
   * ini contoh penyimpanan data yang dengan segala kesungguhannya ingin
mempersulit diri sendiri :
   tulis formula-formula berikut di :
   A1 : ="9,1"
   A2 : ="17,11"
   C1 : =A1<A2
   Hasil formula C1 adalah FALSE, artinya A1 tidak lebih kecil dari A2
   *** A1 itu lebih besar dari A2, walau matanya manusia ngotot bilang kalo
9 itu lebih kecil dari 17,
        komputer seluruh dunia [punyanya manusia manapun] sepakat sesuai
hasil konferensi para komputer sedunia [kapan laptop saya berangkat
konferensi ya],
        bahwa 9 itu lebih besar dari 17 karena tipe datanya adalah Text.
   *** Terbayangkan bagaimana jadinya jika kriteria bilang untuk umur
diatas 70,0 tahun, lalu data memiliki umur senilai 8,3 (8 tahun 3 bulan,
pipis aja kayanya belum bisa lempeng dah tuh)
        dikalkulasi bahwa data umur 8,3 tahun memenuhi kriteria di atas
70,0 tahun.
        (ini bukan karena si komputer tahu kalo umur 8,3 tahun dan di atas
70,0 tahun itu bisa saja pipisnya sama-sama gak lempeng, tapi murni karena
tipe datanya adalah Text)

> Jika akan disimpan dengan tipe data Text (mengikuti isi komen), maka
pastikan fixed length.
   Jadi, 1 tahun 2 bulan dan 34 tahun 11 bulan memiliki jumlah karakter
yang sama.
    Misal : ' 1, 2' dan '34,11' berisi 5 karakter yang tetap dengan
struktur YY,MM
    atau  : '01,02' dan '34,11' berisi 5 karakter yang tetap dengan
struktur YY,MM
    Untuk membentuk data fixed length seperti itu justru akan membutuhkan
kerja tambahan, misalnya memanfaatkan fungsi Text.
    Namanya kerja tambahan, maka si Excel bakal lembur atau paling enggak
ya terengah-engah dikit lah... (ih... teganya berbuat begitu sama komputer)

> Pidihil (superlatif dari padahal)
    a. lebih simpel dan menyenangkan buat semua jika data disimpan dalam
tipe data numerik (baca : sebagai bilangan)
        misal : 34 tahun 11 bulan dalam bilangan 34.11, dan 1 tahun 2 bulan
disimpan dalam bilangan 1.02 (bukan 1.2 -> 1.2 itu setara dengan
1.200000000)
        atau 3411 dan 102 lalu di format cells custom #0","00 maka akan
tampak dimata manusia seakan-akan berbunyi '34,11' dan '1,02'
    b. menyusun format 3411 dan 102 atau 34.11 dan 1.02 itu jauh lebih
mudah, karena 3411 = 34 * 100 + 11, sedangkan 34.11 = 34 + 11/100
    c. bilangan yang sudah bulat jarang tampilannya terkesan dibulatkan.
Jadi 809 akan tetap demikian,
        sedang 8.09 bisa tampak seakan-akan bernilai 8.1 karena dibulatkan
untuk menyesuaikan dengan lebar cells.
    d. dipakai dalam perbandingan pun akan tetap konsisten, bahwa 803 itu
kurang dari 7000 atau 8.03 itu kurang dari 70.00 karena bertipe numerik
(baca : sebagai bilangan)

-----
udah ah ngocehnya...
mosok gak ngasih solusi kok malah ngoceh gak karuan ya...

hehehe..
mohon dimaklumi
eh...
(maskudnya) mohon dimaafken

Regards,
Kid

On Wed, Oct 10, 2018 at 9:42 AM L_Pcs leopc...@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

> Selamat Pagi,
>
> mohon kiranya bisa berbagi ilmu dalam penyelesaian kasus pada excel yang
> saya alami.
> kasus 1 : kriteria berdasarkan umur hasil dari fungsi DATEDIF, hasil yang
> diharapkan tidak sesuai.
> kasus 2 : mengetahui tanggal pada umur tertentu
> berikut saya sertakan file
>
> Salam,
> Leo

Kirim email ke