Alhamdulillah,

Luar biasa bapak ini, Nah, kalau sudah klik sama alur formulanya.

Untuk memendekkan Formula (tapi tidak mengurangi beban computing) biasanya
range dibuat
sebagai reference menggunakan Name Manager.

Dalam kasus ini Kolom Nama tidak berulang, jadi penggunaan Sumif Vertikal
pada kolom Nama belum dibutuhkan.

Monggo coba dipendekkan lagi formulanya dengan Name Manager,
kalau ada kesulitan bisa diposting lagi di milis ya...

On Tue, Oct 16, 2018 at 3:18 PM Pak Cik Lukman pakcikluk...@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

> terima kasih pak Yan Gerry atas bantuannya,
> btw, untuk refer kolom "nama" (kolom A4:J11 atau J4:J11), bagaimana ya??
> bisa tidak dimasukan juga dlm formula tsb?
> (spt formula2 yg saya buat)
>
> salam,
>
> Pada tanggal Sel, 16 Okt 2018 pukul 14.32 ghery yen gherye...@gmail.com

Kirim email ke