tentang :

> dalam pembuatan power pivot, saya lihat ada f(x). Apakah itu fungsi
> formula ?

> yup, tombol tersebut untuk membuat formula measures
> measures : field untuk area VALUES saja, yang mengkomputasi data yang
ditampilkan dalam layout pivot table setempat
> measures mirip dengan calculated field di dalam pivot table yang
menggunakan data source berupa flat range. (mirip berarti memiliki hal-hal
yang tidak sama loh ya)

tentang :

> bagaimana kaidah penulisannya / panduannya ?

> bahasa formulanya adalah DAX (data analysis expression), berisi berbagai
function dan operator
> penyusunan DAX formula mirip dengan Excel Formula
> di internet ada banyak tutorial tentang bahasa komputasi DAX ini. (Excel
Formula juga bahasa komputasi loh ya, jadi kalau bisa belajar bahasa Excel
Formula, berarti juga bisa belajar DAX)

Jadi, perlu dibedakan antara :
1. calculated field dan calculated item di dalam flat source pivot table
    > calculated field : sebuah field baru hasil formula yang hanya bisa
diletakkan di bagian VALUES
    > calculated item : sebuah item baru hasil formula dari sebuah field
tertentu, bisa diletakkan di bagian ROWS dan COLUMNS saja
2. calculated field (sering disebut calculated column untuk membedakan
dengan calculated field di flat source pivot table) dan measures di dalam
olap source pivot table
    > calculated field (calculated column) : sebuah field (column) baru di
dalam data model yang berisi formula, bisa diletakkan dibagian mana saja
dalam pivot table
    > measures : field baru yang khusus berisi komputasi untuk diletakkan
di bagian VALUES, dengan proses komputasi berdasar hasil query data (layout
pivot table setempat)
    *** jadi, di dalam pivot table, jika mengubah layout, akan dilakukan
query data ke sumber data pivot table (berlaku untuk pivot table dengan
sumber OLAP ataupun flat range)

PowerPivot adalah mesin virtual analysis service (pembentuk OLAP data)
[sering dikenal Excel user sebagai Excel Data Model.
Jadi yang dikenal dalam powerpivot adalah calculated field (calculated
column) dan measures.
Ketika data dalam powerpivot ini dikirim ke Excel PivotTable, maka akan
muncul field dengan awalan fx yang berarti measures dan field lain seperti
field dalam Excel PivotTable umumnya.
Measures bisa menghasilkan data bertipe text. Seperti contoh dalam file
lampiran lalu.

Singkatnya demikian...

Regards,
Kid

On Tue, Mar 5, 2019 at 2:02 PM cheivory_bri...@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

> [...]
> formula ?
> bagaimana kaidah penulisannya / panduannya ?

Kirim email ke