Wa'alaikumussalam wr wb

oh untuk laporan yang baku. Hmmm... sebaiknya dinego ulang supaya bentuk
laporannya tidak rumit dan bisa pakai pivot table.

btw,
pakai VBA, kolom-kolom bantu level yang isinya Y dan N itu dibuang semua.
atur outline sesuai level dengan asumsi semua nilai tidak ada yang nol
(default leveling-nya)

Lalu yang dibutuhkan adalah kolom bantu berisi formula status nilai yang
berbeda tipe data.
*Misal *untuk kolom nilai *berisi nol, statusnya dengan tipe data error
value*, dan selainnya dengan tipe data numerik.

Kalau bisa, tidak usah pakai user form. Pakai form controls sebisa mungkin
(usahakan tidak pakai activex controls). Pakai hyperlink di header nya juga
bisa.

Proses dengan VBA untuk setiap level :
0. trap error supaya cuekin semua error dan set calculation jadi automatic
    on error resume next
    application.calculation=xlcalculationautomatic
1. mengaktifkan outline :
     sheets("nama sheet").outline.showlevels *RowLevels:=level_baris ,
ColumnLevels:=level_kolom*

Contoh :
sheets("namanya").outline.showlevels 1 , 2      '-> outline level 1 di sisi
baris dan level 2 di sisi kolom
sheets("namanya").outline.showlevels 1           '-> outline level 1 di
sisi baris
sheets("namanya").outline.showlevels ColumnLevels:=2           '-> outline
level 2 di sisi kolom
sheets("namanya").outline.showlevels              'error

pilih contoh yang sesuai kebutuhan

2. semua cells di kolom bantu berformula yang berisi formula dan
menghasilkan error value (disesuaikan dengan pilihan), seluruh barisnya
di-hide (misal di kolom A)
sheets("namanya").range("a:a").specialcells(xlformulas,xlerrors).entirerow.hidden=true

99. turn off trap error
on error goto 0

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

On Thu, Oct 10, 2019 at 2:05 PM 'Dede Sulaeman'
pmaho_...@pinusmerahabadi.co.id [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

> Dear Mr Kid,
>

> Terima kasih atas masukannya,
>
> Sepertinya memang harus dicoba cara yang seperti itu.
>
> Yang menjadi masalah adalah form tersebut sudah dibakukan untuk laporannya.
>
> Sekali lagi terima kasih.
>

> Wassalamu’alaikum wr wb.
>

> Salam,
>
> DD