Kasih Sayang Anak

By: agussyafii

Tadi sore saya sengaja pulang lebih cepat karena malam hendak menghadiri
undangan. Pawai sekolahnya Hana diikuti oleh teman-temannya. Hana kelihatan
dengan senyum cerianya. Bila pagi saya mengantar ke sekolah, saya suka
mendengarkan Hana berdoa. Suara terdengar paling keras diantara teman-temannya.

Setelah selesai pawai Hana sempat bertanya pada saya,  'Ayah, hewan apa yang
bersaudara yah?' Mendengar pertanyaan Hana, saya sempat berpikir lama. 'Apa
ya?' saya berpikir agak lama. 'Nyerah yah?' tanya Hana.  'Iya deh ayah nyerah,'
jawab saya. 'hewan yang bersaudara itu adalah katak beradik..yah,' kata Hana
dengan bangga sebab ayahnya tidak tahu jawabannya. Hana merasa lebih pintar
dari ayahnya.

Begitulah kasih sayang seorang anak pada ayahnya, selalu saja punya pertanyaan
baru, cerita baru dan ide-ide baru yang senantiasa ingin berbagi kepada kita
sebagai orang tua. Pertanyaan yang dilontarkan memang sederhana namun memiliki
muatan psikologis yang teramat dalam yang berkaitan dengan kosep diri sang
anak.

Bila pertanyaa, cerita atau ide sang anak, kita bisa menghargainya maka anak
akan tumbuh dengan kepercayaan diri dan memiliki rasa optimis dalam menyikapi
dalam permasalahan hidup. Hubungan anak dengan orang tua apabila hangat dan
penuh cinta kasih maka anak juga memperlakukan orang dengan hangat dan cinta
kasih namun jika anak diperlakukan dengan kebencian maka anak juga akan
memperlakukan orang lain penuh kecurigaan dan kebencian.

Sekecil apapun bentuk kasih sayang anak kepada kita sebagai orang tua berarti
memberikan dorongan dan motivasi bagi anak-anak kita. tadi sebelum saya
berangkat, saya melihat Hana dengan penuh semangatnya menabuh drumnya bersama
teman-temannya sambil melambaikan tangannya ke arah saya. Itulah kasih sayang
anak kepada kita, sungguh indahnya.

----
 Rasulullah mencium Hasan atau Husain (cucu beliau) maka abshar Al-Aqra' bin
Habis berkata: 'Sesungguhnya saya mempunyai sepuluh anak, namun tidak ada
seorang pun yang pernah aku cium.' Maka berkata Rasulullah. 'Sesungguhnya
barang siapa yang tidak menyayangi maka tidak akan disayangi.' (Hadits Riwayat
At-Tirmidzi)

Wassalam,
agussyafii

---
Senyum menyambut ramadhan, senyum kemenangan adalah senyum amalia. Yuk,
berkenan berbagi senyuman dalam sebuah program 'Senyum Amalia.' Kegiatan
program 'Senyum Amalia' adalah Obrolan Puasa (Opus), Tadarus, Berbuka Puasa
Bersama, Paket Bingkisan Senyum Amalia, akan diselenggarakan pada hari Ahad, 30
Agustus 2009 di Rumah Amalia. Kirimkan dukungan dan senyuman anda di
http://agussyafii.blogspot.com atau http://www.facebook.com/agussyafii atau sms
di 087 8777 12431

Kirim email ke