TemanG-temanG,

memang ini diskusi yang pas dan mantaf.  semoga berguna untuk kita
semua, apalagi kalo ada yang mo simpulkan ki diskusi ta dalam sebuah
artikel di blog :) jan mi saya kodong, ka saya ancur skali nulisna ;;)

Saya sendiri belum pernah melihat rencana tata kota makassar, katanya
kalo mo liat masyarakat bebas melihatnya. ( ada yg sdh pernah coba
sendiri? hehehe).

Tapi seingat saya, Jl. Andi Pangerang Pettarani direncanakan untuk
menjadi kawasan perkantoran pemerintah, bisa dilihat dengan banyaknya
gedung perkantoran pemerintah disitu.  Tapi kita liat sendiri
sekarang.

Tamalanrea? ah, justru sekarang banyak sekali mall disini...

Intinya, kepercayaan terhadap pemerintah kota ini sulit diberikan
karena apa yang mereka lakukan sebelumnya sudah menunjukkan tidak
adanya konsistensi terhadap apa yang mereka sendiri rencanakan.

Mengenai "something smelly" dari revitalisasi ini, saya kira salah
seorang sudah posting bagaimana pengalaman seorang investor hanya
untuk mendapatkan ijin membangun.  Ini bukan tuduhan, tapi
kebetulannya terlalu bagus.  If to good to be true, is to good to be
true.

Buat John Cendra cs ku di Makassar :)

Dulu sisi Utara karebosi adalah sisi yang sangat rindang dengan
trotoar besar dan jalan becak.  Saya (dan saya yakin mereka yang
sering melewati sisi ini) sangat menikmati sisi utara karebosi ini.
Sekian tahun yang lalu, sisi utara ini dimakan oleh pelebaran jalan.
Etika-nya, karena trotoar sudah dijadikan jalan, maka sewajarnya
dibangun trotoar baru (toh masih ada got lebar yg atasnya bisa ditutup
dan dimanfaatkan).  Tapi, kita liat sendiri toh, bukannya dibangunkan
trotoar, malah hak publik ini dihilangkan sama sekali.  Itu yang sa
maksud ces.

Kalo sekililing kota makassar memang sa perhatikan jarang sekali ada
trotoar yang manusiawi.  Namun itu juga berarti apa yang sudah bagus
harus kita pertahankan. 1 pohon rindang yang tumbang, bukan jadi
alasan untuk memotong semua pohon di sisi jalan, tapi menjadi
peringatan buat kita agar merawat pohon-pohon yang tersisa.

Soal naek sepeda, memang tong ndak bisa maki naik sepeda seperti dulu
bukan karena mahal mi sepeda.  Tapi naik sepeda sudah tidak nyaman.
Panas, resiko disambar kendaraan lain (karena ndak punya jalan
sendiri).

--
Salam,
ID