:))
menurut saya, kalau terlihat spektrum cahaya seperti pelangi seperti itu,
jelas itu disebabkan oleh keberadaan air di medium yang terlewati cahaya,
hingga ke mata kita.
artinya, antara matahari dan mata kita (pengamat) pasti ada air atau
kelembaban tertentu yang masih dapat ditembus cahaya, namun sebagian cahaya
tersebut dibiaskan.
Nah, pembiasan cahaya itulah yang menyebabkan terlihat spektrum dalam banyak
warna seperti itu.

kalau pelanginya terlihat bulat, itu karena mata kita tepat tegak lurus
dengan arah cahaya yang datang.
begitu.
Saya pernah lihat yang kelilingi matahari, tapi tidak betul-betul bulat
penuh.
tapi seperti huruf C.
tapi itu dulu.

kalau sekarang jarang terlihat yang seperti ini, mungkin karena atmosfer
kita mulai kering.
kalau dulu sering sekali saya lihat, mulai ukuran yang besar (seperti siang
tadi), sampai yang ukurannya kecil-kecil.
biasanya keliatan kalau sekitar jam 10 atau jam 11.

--
Sent from my YangTerkerenDiDunia(R) wireless device :

Mohammad
Mustamar Natsir __________________________
http://www.profmustamar.com
[EMAIL PROTECTED] __________________