iye, semua pendapat baek2 tawwa
sa kira setiap orang melihat suatu riwayat sejarah tentu berbeda-beda
perspektif nya..
ada yg menganggap selama Orde Baru dia hidup lebih nyaman,  namun ada juga
yang merasa bobrok..

karena yang diminta adalah pendapat orang, maka pendapat itu bisa macam2
tergatung pengalaman dia terhadap masalah...

saya sendiri lebih banyak menikmati pembangunan di zaman Orde Baru, dari SD
sampai kuliah saya disubsidi..
[walaupun siapapun pemimpin negeri, pasti akan begitu juga kebijakannya]...
saya dapat beasiswa dan berbagai kemudahan lain..

tapi saya juga miris melihat teman2 lain yang mengalami nasib buruk,
terutama secara politis, hak2 nya diberangus...untuk itu saya bersimpati dan
menganggap bahwa pemerintah melakukan kesalahan, walaupun itu didasarkan
pada produk hukum yang legal..
tp atas nama kemanusiaan, itu tetap tidak bisa dibenarkan..

alaa kulli hal...
mari kembalikan semuanya ke pribadi masing2..

Pak Harto memang gagal dibukitikan kesalahannya di pengadilan manusia,
karenanya kita juga tidak tahu betul apa saja kesalahan beliau,
tp kini beliau sudah dalam penanganan Yang Maha Adil, sedang menjalani
pengadilan sesungguhnya, kita serahkan saja ke Yang Maha Adil itu..

ttg gelar pahlawan nasional buat beliau, agak aneh rasanya...karena di satu
sisi, pernah ada 'upaya' pemerintah yg  hendak mengadili beliau..

walaaupun demikian, boleh kita berkaca pada kasus Soekarno...beliau dulu di
akhir pemerintahannya, dianggap 'salah jalur'...tapi toh itu tidak
mengurangi rasa hormat masyarakat utk memberi gelar Pahlawan...

--
salama'

daengrusle
http://daengrusle.com

"Which is it, of the favors of your Lord, that ye deny?"
(QS. Ar-Rahmaan)

Kirim email ke