Dear all,

Tidak sedikit orang yang mengambil teori Tiongkok dalam merekonstruksi
masuknya Islam di Jawa. Tetapi, yang mengambil teori Gujarat, itu mayoritas.
Yang ideal, semua teori mendukung satu sama lain. Walhasil, studi-studi soal
ini belum selesai. Saya sendiri masih punya sejumlah hal yang ingin saya
telusuri tentang ini.

Kalau beberapa sinyalemen tentang nama Tionghoa, itu tak menjamin bahwa yang
bersangkutan adalah orang Tionghoa. Saya masih memegang hal ini, karena toh
bisa jadi karena saat itu situasi politik dipegang oleh ekspedisi Tiongkok,
maka banyak orang yang memiliki nama Tiongkok, baik itu orang Jawa, Arab,
Madura, Palembang dsb. Yah kayak kebijakan Orba lah, naturalisasi! Tidak
tahu, apakah "naturalisasi" yang terjadi dulu itu alami atau "kebijakan
politik" formal. Kira-kira yang terjadi saat dulu ya begitu. Sehingga, jika
mengajukan teori sejarah "hanya" berdasarkan nama, maka hal itu diragukan.
Secara etnis, saya ini orang Jawa. Tetapi, karena Islam yang banyak dianut
orang Jawa, nama saya pun Arab! So, kalau saya bikin sejarah, mungkin saja
orang menganggap saya orang Arab, itu kalau sumbernya hanya tulisan. Lain
kalau ketemu langsung.

Kalau sekedar berteori bahwa orang Tiongkok berperan menyebarkan Islam, itu
tak ada yang menolak. Tetapi, kalau melihat Islam yang beredar di Jawa, maka
Islam saat itu adalah "Islam" a-la Yaman-Gujarat. Bagaimana Islam a-la
Tiongkok, yang kira-kira terjadi pada masa Dinasti Ming? (Kalau ingat
Dinasti Ming, maka saya ingat perguruan Wu Tang/Wu Dang).

Sekarang ini, teman-teman saya masih ada yang mendalami sejarah ini. Ini
bukan mudah, karena toh setiap saat Islam mengalami perubahan mazhab.

Bagi orang yang memiliki pandangan "radikal", maka ia akan meyakini satu
teori un sich, bahwa Islam masuk ke Jawa melalui Tiongkok (saja), atau
Gujarat (saja), dsb. Tetapi, saya scr pribadi cenderung mengambil semua
teori itu, yang bergumul menjadi satu.

http://us.click.yahoo.com/5F6XtA/.WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM