Budiman menulis :

disamping itu kami juga cukup bingung kenapa ada Orang yang bemarga Oe / Wang yang bersuku Hokien or Konghu ???demikian juga Chang/Chong/Tio ada yang dari suku Hokkien dan ada yang dari Hakka ??? ( hanya sebagai contoh ). Kenapa hal ini bisa terjadi ???
 
Mungkin ada yang bisa bantu untuk menjelaskannya
 
Terima kasih
 
Budiman


Rinto Jiang :

Budiman-xiong,

Mumpung masih ada waktu luang, saya jawab sekalian. Saya mau mendongeng dulu.

Budiman-xiong, misalnya kita bermarga sama dari leluhur yang sama bermarga Jiang berdomisili di Luoyang di masa Samkok (abad ke-3). Kita masih sepupu. Namun, orang tua saya memutuskan untuk bermigrasi dulu ke daerah Jianye di negara Wu sedangkan orang tua anda tetap memilih bertahan di Luoyang negara Wei. Kita terpisah sejak itu dan keturunan marga Jiang mulai saat itu terpisah menjadi di Luoyang dan di Jianye.

Lewat beberapa abad, kekacauan terjadi lagi di saat Dinasti Sui. Keturunan saya yang bermarga Jiang memutuskan bermigrasi ke selatan ke daerah Fujian sekarang (kita sebut garis keturunan A), ada juga yang memutuskan mengungsi lebih jauh ke selatan menempati daerah Guangdong sekarang (kita sebut garis keturunan B). Lalu mereka tinggal di sana selama bergenerasi tanpa kenal mengenal lagi satu sama lain.

Suatu saat di zaman Dinasti Song Utara, sewaktu bangsa Kim menyerbu Song dan mendesak Song ke selatan, keturunan anda yang merga Jiang di Luoyang itu ikut mengungsi ke selatan. Mereka lalu berdomisili di pegunungan di propinsi Jiangxi. Mereka inilah yang menjadi cikal bakal orang Hakka kemudian.

Dari sini, kita dapat menjawab pertanyaan anda itu.

Garis keturunan A dari saya menjadi orang Hokkian bermarga Jiang.
Garis keturunan B dari saya menjadi orang Kanton (Konghu) bermarga Jiang.
Garis keturunan anda menjadi orang Hakka bermarga Jiang.

Simply like this. Orang Tionghoa selalu menganggap bila kita semarga, maka 500 tahun lalu, kita masih merupakan satu keluarga.


Rinto Jiang


.: Forum Diskusi Budaya Tionghua dan Sejarah Tiongkok :.

.: Kunjungi website global : http://www.budaya-tionghoa.org :.

.: Untuk bergabung : http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua :.

.: Jaringan pertemanan Friendster : [EMAIL PROTECTED] :.




Yahoo! Groups Links

Kirim email ke