Wu,
Kalau yg kesurupan itu KwanYin dan Sungokon  - menurut pengalaman saya itu adalah palsu. KwanYin tidak pernah memakai badan kita untuk berbicara dgn kita [kita tidak cukup bersih]dan biasanya kalu dia dapat dilihat - dia dapat dilihat dgn mata sebagai KwanYin Pusat image [ Ini menurut kepercayaan yg beragama tridarma] SunGoKong tidak pernah ada dan hanya fiction jadi tidak mungkin. Biasanya kalau yg masuk jaman dulu diklenteng2 adalah para wali agama islam seperti kjai2 dari Cheribon, gn Kawi etc dan kalau yg dari agama tao sering memnag KwanKung Daren ada tetapi dia bukan KwanKung dari Samkok. Juga biasanya utk pembukaan jalan diatas api TutiKung [HokTekChengSin] buka dulu dgn melindungi tempat api Tetapi siapa yg betul masuk saya juga tidak tahu.
Kepercayaan -ramalan memang dpt merusak penghidupan [bukan dari roh2 yg dipakai] tetapi pikiran kita jadi butek {lihat dowager SzeChi]. Nasib will come dan kita take it one day at a time.
Kalau yg meramal dgn memakai bantuan roh2 memang ada - yg dulu diantara kaum babah disebut anak ambar. Ini sebetulnya kalau menurut kepercayaan kita, adalah sangat jahat sebab memaksa roh anak kecil ini melakukan peramalan dan memberikn bantuan mencari rezeki.  Ini kepercayaan juga dapat kita ketemukan didaerah Taiwan dan dikota SF juga ada ,  mungkin ini berasal dari kepercayaan orang fukien . Didaerah barat ini biasanya disebut medium.
Ilmu meramal yg kita sering baca di waktu tahun baru imlek tidak berdasarkan ilmu gelap ini tetapi berdasarkan ilmu perhitungan dan pengalaman. Disini tidak ada roh2 yg membantu.
Ilmu fengsui tidak memakai ilmu gelap dan guru besar dari fengsui didaerah SF adalah seorang Lama dari Tibet [yg dari kecil sudah jadi lama] Ilmu meramal Pakchi{?] yg dulu dibicarakan diruangan ini juga tidak memakai ilmu gelap - tetapi ilmu pengalaman dgn ilmu perhitungan. Sama dgn ilmu meramal dgn I-ching.
Andreas

shrly_wu <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Pak King Hian,

Dulu, saat saya masih senang mencari tukang ramal. Saya pernah ke
daerah jelambar, masuk gang2, dan disana ada orang yang kerasukan.
Menurut orang-orang yang datang, yang masuk itu adalah dewi kwan im
dan kadang sun gokong, dan sayapun minta diramalkan.

Tetapi sekarang, bila ingat kejadian itu, saya takut sendiri,
merinding rasanya. Masa orang bisa kemasukan dewi kwan im, jangan2
itu memang iblis yang meramal. Ramalan ke masa lalu sih hampir
tepat, 80% lah, dan untuk kedepan, ada beberapa yang tepat dan ada
yang meleset. Dan setelah dari tempat itu, saya merasa pusing dan
cape sekali.

Kok bisa gitu, apa memang benar roh saya itu disandera? Syukurlah
saya sudah tidak pernah berhubungan lagi ke tempat2 gitu.

Salam

Wu

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, King Hian <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:
> Saya juga pernah membaca buku2 Daud Tony. Tetapi, saya tidak
sependapat dengan Anda, bahwa buku2 tsb: bagus .

> Ada sebagian orang yang 'hobby' menilai segala sesuatu berdasarkan
dikotomi 'TUHAN dan IBLIS. Segala yang berhubungan dengan
pihak/kelompoknya adalah Tuhan, sedangkan yang berbeda dengan
kelompoknya dikatakan sebagai IBLIS. Jika ada kejadian/peristiwa
yang tidak dimengerti/dipahami, berarti itu pasti berhubungan dengan
IBLIS.

> Kepada orang2 seperti ini, kalau dijelaskan bahwa orang bisa
dirasakan qi (atau apapun sebutannya: hawa, aura, prana, getaran
energi., dll)-nya dengan melihat, atau mendengar suara ybs, sehingga
seorang peramal bisa mengetahui posisi tahi lalat di bagian tubuh
yang tertutup, atau seorang ahli hongsui yang bisa mengetahui
kondisi rumah tanpa pernah mengujungi rumah ybs. Mereka tidak bisa
menerima teori ini, karena menurut mereka teori tsb tidak masuk
akal. Tetapi anehnya, mereka bisa menerima teori tentang iblis yang
dipelihara untuk bertanya kepada roh pasien. Padahal teori roh/iblis
yang dipelihara ini tidak lebih baik (baca: masuk akal) daripada
teori qi atau suara.

> Ada cerita yang mirip dengan teori roh/iblis yang dipelihara:
> Ada seorang pasien yang datang ke dokter. Setelah melakukan
observasi, si dokter menyimpulkan bahwa si pasien terkena demam
berdarah.
> Si pasien pun terkaget-kaget, mendengar penjelasan si dokter. Ia
bertanya-tanya:
> Bagaimana dia tahu bahwa di (maaf) pantatku juga ada bintik2
merah, padahal dia belum pernah melihat pantatku? Bagaimana dia bisa
tahu bahwa di rumahku banyak nyamuk, padahal dia belum pernah ke
rumahku? Bahkan dia bisa tahu jenis nyamuk yang menggigitku adalah
nyamuk yang belang2, dan punya nama: aedes aegypti!
> Si pasien menyimpulkan bahwa pasti si Dokter memelihara iblis. Dan
iblis inilah yang memberitahukan semuanya kepada si Dokter, setelah
bertanya kepada roh si pasien.