Pru - kalau kamu agama kristen yg berasal dari gereja kristen protestant aliran dari Europa.
Menghormati leluhur kita menurt saya diperbolehkan. keluarga saya banyak yg beragama ini. Bedanya mereka tidak memohon sesutu hanya memberikan kehormatan dan peringatan bahwa kita diciptakan oleh mereka. menurut tradisi dibawah tuhan yg bertanggung jawab untuk penciptaan kita adalah leluhur kita. Jadi tidak ada salahnya kita hormati mereka dgn memberikan kowtao - Inipun oleh kel. Presidan Chiang dan anaknya pres. ChiangChing Kuo dipakai dan mereka sebagai kristen yg konservatip tetap menghormati leluhur mereka. Ini tidak ada salahnya. Mereka tidak mensajikan segala makanan tetapi mereka sajikan bunga2 dan lilin. Jadi cara memperingatkan terserah dgn kebiasaan.  Kalau yg beragama RK pemakaian hio atau dupa diperbolehkan. Kalau menyembah toapekong2 say kira itulah terlalu lain dan saya kira boleh dilupakan.
Andreas

pru239 <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Betul sdr.Karang, saya memang sudah bingung kemana lagi hendak
bertanya untuk mendapatkan jawaban yang memuaskan.
Saya bertanya di Kelenteng tapi jawabannya justru membingungkan
saya. Tanya di SiuTao.com malah dicaci maki dengan kasar bahkan
dituduh yang bukan-bukan.
Saya tidak tahu mengenai kemana hendak bertanya tentang hal2
keagamaan Tionghua. Maka saya pikir disini adalah tempat yang tepat.
Kalau tidak, dimana lagi saya bertanya? Bisakah anda memberikan
milis diskusi agama Tionghua yang netral dan ramah?

Terimakasih sdr.Karang, anda telah berusaha memberikan penerangan
kepada generasi muda spt saya yang buta budaya Tionghua dan
penasaran ingin menilik kembali peninggalan leluhur serta kekayaan
spiritualnya.

Pru

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "karang_terjal"
<[EMAIL PROTECTED]>wrote:
> Maaf ABS-loocianpwe, saya gagal untuk cuekin email spt ini.
Mungkin