Pufff déjà vu...... pernah baca dimana yaaa.... >:D

Sdr. Ka Te yang tersayang :P mengutip tulisan Sdr sendiri: "Asimilisai
tidak bermasalah sejauh dilakukan secara ALAMI, dan tanpa PAKSAAN."

Fine, jadi kita sepakat ya, Asimilasinya sendiri bukan masalah, yang
jadi masalah adalah PAKSAAN. (g copy paste sampe ke salah hurupnya itu..
heheh)Bahwa Asimilasi yang tidak masalah itu begitu diambil-alih menjadi
kebijaksanaan pemerintah, efeknya negatif.

Dan pertanyaan anda: "Siapa dibalik keputusan pemerintah ttg pelarangan
budaya dan kepercayaan tradisional etnis Tionghoa?"

Jawab: Tentunya orang-orang yang punya "kepentingan politik" dan
"diuntungkan" dengan adanya pelarangan itu. Apakah cuma Sindhunata
seorang?

Sementara katanyaaaaaa (sebab gue ngga kenal jadi ngga denger sendiri)
tahun-tahun belakangan dia menyesali kesalahannya yang membuat posisi
etnis tionghua jadi malah tergencet dan bukannya terbebas dari
kecurigaan masa itu (kali maksudnya kecurigaan bahwa mentang mentang
tionghua- trus disangkutin sama RRC dan komunisme dan loyalitasnya
diragukan). Bener enggaknya, tanya ama yang kenal deket aja deh gih.

Ini juga gue masih belajar-belajar soal sejarahnya nih. Sapa punya
referensi buku bagus? Infonya donk.